Lionel Messi (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Lionel Messi tampil memukau di Liga Spanyol musim ini.

Solopos.com, EIBAR — Lionel Messi menyandang predikat baru di Liga Spanyol. Selain menasbihkan diri sebagai raja gol, Messi kini juga menyandang predikat sebagai raja assist Liga Primera Spanyol.

Pada akhir November 2014, bomber berjuluk La Pulga itu memecahkan rekor top scorer sepanjang sejarah Liga Primera Spanyol yang dipegang Telmo Zarra selama 59 tahun. Kini, Messi menyempurnakan kariernya di Liga Primera Spanyol sebagai top assist.

Messi mencetak assist ke-147 miliknya ketika mengirim umpan jeli ke Luis Suarez yang menjadi gol pembuka Barcelona ketika menundukkan Eibar 2-0 di Estadio Municipal de Ipurua, Eibar, Sabtu (17/2/2018) malam WIB. Messi pun menyamai rekor legenda Real Madrid, Michel, yang menjadi top assist dalam sejarah Liga Spanyol.

Predikat baru itu membuktikan Messi bukan pemain egois. Mantan bintang Barcelona, Zlatan Ibrahimovic, dalam biografinya mengaku kecewa dengan pelatih Josep Guardiola yang mementingkan Messi sebagai pemain No. 9 (striker sentral) ketimbang dirinya ketika masih di Camp Nou. Menurut Ibra, Guardiola rela mengorbankan dirinya di bangku cadangan karena Messi meminta posisinya sebagai striker tengah.

Namun, Messi membuktikan dirinya juga bisa menjadi pelayan bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol, Umpannya yang menginisiasi gol Suarez sekaligus menjadi assist ke-11 Messi di Liga Primera musim ini. Hanya pemain Celta Vigo, Pione Sisto, yang mendekati torehan assist Messi di Liga Primera 2017/2018, yakni 9 assist. Messi pun berpotensi menyalip rekor pribadinya ketika mendulang 19 assist dalam semusim pada Liga Primera 2014/2015.

Sementara itu, gol kedua Barcelona ke gawang Eibar juga tidak luput dari andil pemain asal Argentina itu. Berawal dari bola rebound tembakan Messi, Jordi Alba mampu menggandakan keunggulan Barcelona sekitar dua menit sebelum bubar.

Messi sebenarnya memiliki kesempatan mencetak gol ke gawang Eibar. Namun tembakannya hanya membentur mistar gawang pada babak pertama. Ini sekaligus menjadikan Messi sebagai pemain  yang paling banyak melakukan tembakan membentur gawang di Liga Primera musim ini, yakni 14 kali.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten