SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kabar gembira bagi traveler karena Lion Air Group telah memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Sebelumnya, maskapai pelat merah Garuda Indonesia juga mengumumkan akan memberikan diskon hingga 50%.

Penurunan harga tiket ini dilakukan setelah pemerintah mengeluarkan dua regulasi baru, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. PM 20/2019 dan Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) No. 72 KM 72/2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Regulasi pertama sekaligus menggantikan Permenhub No. 14/2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) Penumpang Pelayanan Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. PM No. 20 mengatur tata cara dan formulasi perhitungan tarif, sedangkan besaran tarif batasannya ada pada KM 72.

Setelah penurunan tiket, apakah Lion Air jadi maskapai paling murah? Mari kita cek menggunakan platform Google yang merangkum harga tiket dari website perusahaan Trip.com dan Kiwi.com.

Menggunakan sample rute Jakarta ke Yogyakarta sekali jalan untuk penerbangan 15 April 2019, hasilnya adalah Indonesia Airasia yang paling murah.

Tiket Indonesia Airasasia dijual dengan harga terendah Rp443.100, sedangkan Lion memberikan banderol termurahnya pada Rp565.000.

Hasil yang berbeda saat menggunakan aplikasi Traveloka. Pemenangnya adalah Nam Air dengan harga Rp416.700 per tiket sekali jalan, sedangkan tiket Lion Air dilego Rp565.000. Harga tersebut dilihat pada Sabtu (30/3/2019) pukul 11.22 WIB.  Adapun tiket Airasia sudah tidak dijual melalui Traveloka.

Di platform yang sama, tiket Batik Air termurah dijual Rp904.000, sedangkan tiket Citilink Rp980.100.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya