SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Udara Praminto Hadi agar terus melakukan ramp check secara intensif terhadap pesawat Boeing 737 Max 8.

“Saya sudah instruksikan adanya pemeriksaan atau pengecekan pesawat secara intensif. Hal ini karena adanya spesial audit serta SOP yang berlaku pasca-kejadian tersebut,” ujar Menhub di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dilansir Okezone, Minggu (4/11/2018).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam kesempatan ini, Budi turut melakukan proses audit peningkatan periode. Ia meminta jajaran Kemenhub serta operator agar melakukan koordinasi secara intensif atas setiap audit yang sudah dilakukan oleh lembaga terkait, seperti Organisasi Penerbangan Internasional (ICAO).

“Jadi, apa hasil audit ini bisa membuat kita tahu apa yang harus dilakukan saat ini dengan cepat. Selain itu agar dilakukan atau improve segera mungkin,” pesannya.

Budi melanjutkan, pengecekan intensif terhadap pesawat Boeing 737 Max 8 akan dilakukan di setiap bandar udara Indonesia. Peningkatan ramp check juga akan dilakukan terhadap pesawat jenis lain.

“Fokus Max 8, tapi yang lain juga kita cek tentunya, karena untuk memastikan bahwa kelaikan udara dari semua bandara di Indonesia terjamin dan terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pengecekan tersebut dilakukan usai terjadi insiden pesawat Lion Air PK-LQP dengan rute penerbangan JT-610 Jakarta–Pangkalpinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, dengan korban 178 penumpang dan 8 kru.

Hal itu membuat Kementerian Perhubungan meningkatkan proses pengecekan teknis pesawat serta memberikan catatan khusus terhadap penerbangan di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya