SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pesawat Lion Air JT-507 yang melayani penerbangan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, batal diberangkatkan sesuai jadwal, Senin (11/2/2019) pukul 13.00 WIB.

Pihak Lion Air menyebutkan pembatalan pemberangkatan pesawat yang memuat 175 penumpang itu dikarenakan adanya permasalah teknis.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Corporate Communication Strategic Lion Air, Danang Mandala, menyebutkan pesawat Lion Air JT-507 sebenarnya sudah dipersiapkan dengan baik. Bahkan, pesawat itu telah menjalani proses pemeriksaan sebelum keberangkatan dan dinyatakan layak terbang.

Bahkan, proses masuknya penumpang ke kabin pesawat Boeing 737-900ER tersebut berjalan lancar. Pada pukul 13.00 WIB, pesawat didorong mundur (pushback) dan bersiap mengarah ke landas hubung (taxiway).

“Ketika posisi pesawat masih berada di landas parkir [apron], pilot memutuskan kembali ke landas parkir. Keputusan ini guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, dikarenakan pesawat mengalami kendala teknis,” tulis Danang dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Senin sore.

Berdasarkan standar operasional prosedur (SOP), lanjut Danang, teknisi segera melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan pilot.

“Setelah pemeriksaan, pesawat ternyata membutuhkan komponen pengganti dari Jakarta. Dengan demikian, proses pengerjaan membutuhkan waktu. Demi menjaga kenyamanan, penumpang pun akhirnya dikembalikan menuju ruang tunggu keberangkatan bandara,” ujar Danang.

Danang menambahkan pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul.

Akibat penundaan itu, seluruh penumpang pun mendapat kompensasi keterlambatan berdasar ketentuan. Lion Air juga siap memfasilitasi permintaan penumpang seperti pengembalian dana dan mengubah jadwal keberangkatan sesuai aturan.

“Saat ini Lion Air telah menerbangkan 19 penumpang JT-507 dengan penerbangan lain. Lion Air juga akan memberangkatkan kembali penumpang JT-507 dengan penerbangan berikut,” imbuh Danang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya