Kategori: Sragen

Lintasi Tol di Sragen, Bus Pariwisata Berisi 50 Penumpang Dilempari Batu


Solopos.com/Muh Khodiq Duhri

Solopos.com, SRAGEN — Bus pariwisata Alfian Jaya yang membawa 50 penumpang dari Lamongan menuju Magelang menjadi sasaran pelemparan batu saat melintasi tol Solo-Kertosono (Soker), tepatnya tak jauh dari Rest Area 538, Kebonromo, Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah Sabtu (22/8/2020) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kaca samping kiri depan bagian atas dari bus pariwisata itu pecah akibat lemparan batu.

Peristiwa bermula ketika bus Alfian Jaya yang dikemudikan Yardi, 40, warga Jombang, membawa 50 penumpang dari Lamongan menuju Magelang. Sesampainya di lokasi, sekitar pukul 00.30 WIB, tiba-tiba bus pariwisata itu dilempar dua batu masing-masing seukuran kepalan tangan orang dewasa.

Lemparan dua batu itu mengakibatkan kaca bus pecah. Sontak hal itu membuat kru bus dan para penumpang kaget. Bus kemudian berhenti di tepi jalan tol.

"Dua batu itu dilempar dari atas jembatan penyeberangan [overpass]. Sekali lempar dua batu. Saat itu kondisinya gelap. Namun, kru kami sempat melihat beberapa anak usia remaja melarikan diri," ujar Alvin Mahardika, pengurus PO Alfian Jaya, kepada Solopos.com, Minggu (23/8/2020).

KA Jarak Jauh ke Solo Jalan Lagi, Penumpang Wajib Bawa Surat Sehat

Karena membawa 50 penumpang, kru bus pariwisata yang dilempar batu di Sragen itu tak melaporkan ke polisi. Menurut Alvin, pelaporan ke polisi justru membuat waktunya tersita sehingga bakal mengecewakan penumpang. "Kasihan penumpang jika harus kami tinggal laporan ke pihak berwajib," ujarnya.

Viral

Peristiwa pelemparan batu ke arah kaca bus pariwisata Alfian Jaya di Ngrampal, Sragen itu menghebohkan jagat maya.

Kehebohan di jagat maya itu bermula dari unggahan Alvin Mahardika melalui akun Raden Mas Mahardhika ke Grup Facebook Bus Manis Indonesia. Dalam unggahan pada Sabtu (22/8/2020) pukul 10.19 WIB, Alvin mengunggah foto kaca bus yang retak karena lemparan batu.

Fakta Unik Ozie Si Pemeran Bu Tejo yang Julid di Film Tilik

"Yang tadi malem habis nglempar batu ke unit [bus] saya di tol Sragen sebelum Rest Area 538. Ada apa di pikiran Anda? Ingat bus ini membawa penumpang, tindakan Anda sangat membahayakan nyawa orang lain. Saya doakan, semoga Anda cepat sadar," tulis Alvin pada keterangan foto.

Unggahan dari Alvin itu kemudian diunggah ulang oleh akun Malix di Grup Kumpulan Wong Sragen (KWS). "Nak menawi atlet lempar batunya wonten ten mriki [Barangkali atlet lempar batunya ada di sini]," tulisnya.

Unggahan soal bus pariwisata yang dilempari batu di Sragen itu kemudian dibanjiri komentar netizen. Akun Boy Keren memberikan komentar bila pelemparan batu ke kaca bus itu memalukan warga Sragen. "Isin2i [malu-maluin] Sragen c*k!" tuisnya

"Yang nglempar batu manusia kurang nyali," tulis pengguna akun Teguh Choiri.

"Mungkin sing lempar baru ndue dendam pribadi lur. You know lah. Bis kalau lewat jalan kota kayak gimana. Tapi di jalan tol kok juga kena altet lempar batu," timpal pengguna akun Antokk.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sragen, AKP Sugiyanto, mengaku belum mendapat laporan terkait aksi pelemparan batu ke arah bus Alfian Jaya tersebut. "Saya belum tahu terkait itu. Mungkin ke polsek setempat atau Reskrim," papar AKP Sugiyanto kepada Solopos.com.

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra