SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Voyager 1 adalah sebuah pesawat antariksa nirawak yang diluncurkan pada 5 September 1977 dan sampai sekarang masih beroperasi di luar tata surya. Voyager 1 juga merupakan benda buatan manusia yang berada terjauh dari Bumi, yakni pada jarak 15 miliar kilometer dari Bumi (100 Astronomical Unit per 17 Agustus 2006).
Pesawat nirawak ini telah memasuki heliosheath setelah melewati termination shock yang membatasi tata surya. Pada jarak tersebut, sinyal dari Voyager 1 perlu lebih dari 13 jam untuk sampai ke pusat kontrolnya, Jet Propulsion Laboratory di dekat Pasadena, California, Amerika Serikat (AS), yang merupakan proyek bersama NASA dan Caltech.
Seperti dilansir wikipedia.org, saat diluncurkan tujuan utama Voyager 1 adalah menyelidiki Jupiter dan Saturnus, termasuk serta cincin dan bulan kedua planet tersebut. Sekarang, Voyager 1 sedang menyelidiki heliopause dan medium antar-bintang.
Sumber daya listrik Voyager 1 dibangkitkan menggunakan pembangkit termolistrik radioisotop (radioisotope thermoelectric generator) dan diperkirakan masih akan terus tersedia dan menyalurkan komunikasi dengan Bumi hingga sekitar 2020. Niken Ari Purwanti/JIBI/SOLOPOS

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya