Lintah Masuk Hidung Anak di Solo, Begini Cerita Selengkapnya Menurut Sang Ayah

Setyo Pudji Rajardjo, 39, tak menyangka kisah anaknya yang hidungnya kemasukan lintah menjadi viral dan mendapat perhatian dari netizen di media sosial.

Lintah Masuk Hidung Anak di Solo, Begini Cerita Selengkapnya Menurut Sang Ayah

SOLOPOS.COM - Izan, bocah yang hidungnya mimisan akibat lintah (Facebook)

Solopos.com, SOLO -- Setyo Pudji Rajardjo, 39, tak menyangka kisah anaknya yang hidungnya kemasukan lintah menjadi viral dan mendapat perhatian dari netizen di media sosial.

Dihubungi Solopos.com, Sabtu (31/8/2019), warga RT 001/RW 002, Gondang, Manahan, Banjarsari, Solo, itu menceritakan lebih lengkap soal kejadian yang menimpa anaknya, Ardisatya Hamizan Eka Putra, 4, yang akrab disapa Izan, itu.

Setyo mengatakan sebelum peristiwa itu, dia sempat mengajak anaknya berwisata ke Tawangmangu, Karanganyar. Meskipun begitu, dia tidak bisa memastikan apakah hidung anaknya kemasukan lintah saat di Tawangmangu atau di tempat lain.

Menurut Setyo, anaknya merupakan anak yang aktif bermain setiap harinya. "Sempat juga dia renang di Manahan. Tapi pas di Manahan itu kami tahu mimisan. Anak saya memang aktif bermain setiap harinya,” jelasnya kepada Solopos.com melalui telepon, Sabtu.

Kecurigaan adanya lintah di dalam hidung putranya diawali dari masukan salah satu saudaranya. Sebelum dibawa ke RSUD dr. Moewardi Solo pada Kamis (29/8/2019), Hamizan sudah diperiksa di dua dokter dan mimisan masih terjadi.

Akhirnya dia memutuskan memeriksakan anaknya ke RSUD dr. Moewardi melalui Instalasi Gawat Darurat. “Mungkin saudara saya pernah baca artikel, lalu bilang mungkin itu ada lintah di dalamnya. Karena takut, kami kemudian segera membawa ke [RSUD dr.] Moewardi. Ternyata benar, saat diperiksa hidung anak kami ada satu ekor lintah di dalamnya,” imbuh dia.

Setelah diambil lintah tersebut, menurut Pudji, saat ini anaknya sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Namun, untuk menghindari adanya telur lintah yang masih berada di hidung, dia disarankan tetap melakukan pemeriksaan rutin.

“Sebelum diambil tidak mengeluh sakit. Hanya saja kalau saya lihat kelihatan pucat dan agak gosong mukanya. Tapi sekarang sudah normal kembali. Anak kami bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi tetap kami kontrol rutin waspada kalau ada telur lintah yang tertinggal,” ucap dia.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr. Moewardi, Solo,  Eko Haryati, membenarkan dokter setempat sempat menangani kasus anak yang hidungnya terdapat lintah di dalamnya. Pasien tersebut kemudian diberikan tindakan medis dengan mengambil lintahnya.

Pasien tidak rawat inap dan hanya menjalani rawat jalan. "Kami sudah melakukan penelusuran terhadap kasus yang sempat viral ini. Benar kami melakukan tindakan medis terhadap pasien anak yang hidungnya mimisan karena ada lintah di dalamnya. Tindakan medis langsung dilakukan di IGD. Kemudian sudah boleh pulang dan rawat jalan saja,” ucap dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)