Izan, bocah yang hidungnya mimisan akibat lintah (Facebook)

Solopos.com, SOLO -- Setyo Pudji Rajardjo, 39, tak menyangka kisah anaknya yang hidungnya kemasukan lintah menjadi viral dan mendapat perhatian dari netizen di media sosial.

Dihubungi Solopos.com, Sabtu (31/8/2019), warga RT 001/RW 002, Gondang, Manahan, Banjarsari, Solo, itu menceritakan lebih lengkap soal kejadian yang menimpa anaknya, Ardisatya Hamizan Eka Putra, 4, yang akrab disapa Izan, itu.

Setyo mengatakan sebelum peristiwa itu, dia sempat mengajak anaknya berwisata ke Tawangmangu, Karanganyar. Meskipun begitu, dia tidak bisa memastikan apakah hidung anaknya kemasukan lintah saat di Tawangmangu atau di tempat lain.

Menurut Setyo, anaknya merupakan anak yang aktif bermain setiap harinya. "Sempat juga dia renang di Manahan. Tapi pas di Manahan itu kami tahu mimisan. Anak saya memang aktif bermain setiap harinya,” jelasnya kepada Solopos.com melalui telepon, Sabtu.

Kecurigaan adanya lintah di dalam hidung putranya diawali dari masukan salah satu saudaranya. Sebelum dibawa ke RSUD dr. Moewardi Solo pada Kamis (29/8/2019), Hamizan sudah diperiksa di dua dokter dan mimisan masih terjadi.

Akhirnya dia memutuskan memeriksakan anaknya ke RSUD dr. Moewardi melalui Instalasi Gawat Darurat. “Mungkin saudara saya pernah baca artikel, lalu bilang mungkin itu ada lintah di dalamnya. Karena takut, kami kemudian segera membawa ke [RSUD dr.] Moewardi. Ternyata benar, saat diperiksa hidung anak kami ada satu ekor lintah di dalamnya,” imbuh dia.

Setelah diambil lintah tersebut, menurut Pudji, saat ini anaknya sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Namun, untuk menghindari adanya telur lintah yang masih berada di hidung, dia disarankan tetap melakukan pemeriksaan rutin.

“Sebelum diambil tidak mengeluh sakit. Hanya saja kalau saya lihat kelihatan pucat dan agak gosong mukanya. Tapi sekarang sudah normal kembali. Anak kami bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi tetap kami kontrol rutin waspada kalau ada telur lintah yang tertinggal,” ucap dia.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr. Moewardi, Solo,  Eko Haryati, membenarkan dokter setempat sempat menangani kasus anak yang hidungnya terdapat lintah di dalamnya. Pasien tersebut kemudian diberikan tindakan medis dengan mengambil lintahnya.

Pasien tidak rawat inap dan hanya menjalani rawat jalan. "Kami sudah melakukan penelusuran terhadap kasus yang sempat viral ini. Benar kami melakukan tindakan medis terhadap pasien anak yang hidungnya mimisan karena ada lintah di dalamnya. Tindakan medis langsung dilakukan di IGD. Kemudian sudah boleh pulang dan rawat jalan saja,” ucap dia.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten