SOLOPOS.COM - Petugas Linmas Pariwisata mengingatkan pengunjung untuk menaati protokol kesehatan di Taman Balekambang, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu (16/5/2021). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Satpol PP Kota Solo mengerahkan 15 anggota Linmas Pariwisata di Taman Balekambang dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo selama libur Lebaran 2021. Sebagian kecil pengunjung sulit menerima teguran anggota linmas.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, di Taman Balekambang, Minggu (16/5/2021) pukul 13.00 WIB, anggota linmas berkeliling area wisata untuk mengingatkan pengunjung supaya memakai masker dan menjaga jarak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagian linmas pariwisata Kota Solo membantu petugas petugas Taman Balekambang mengecek suhu tubuh pengunjung yang telah mengisi formulir melalui laman resmi Taman Balekambang. Selain itu Linmas melarang pengunjung di bawah usia lima tahun masuk area taman.

Baca juga: 20 Warga Satu Lingkungan Positif Covid-19, Satgas Solo: Waspada Klaster Kumpul Keluarga!

Plt. Kabid Pembinaan dan Linmas Satpol PP Kota Solo, Hary Siyamto, ada 15 anggota linmas pariwisata Kota Solo. Adapun tugas mereka membantu mengawasi prokes pengunjung wisata Taman Balekambang dan TSTJ.

"Tugas 15 anggota Linmas Pariwisata cukup banyak. Selain pengamanan lokasi wisata, lebih ditekankan pada pengawasan protokol kesehatan," katanya.

Menurut dia, anggota linmas pariwisata siap memberikan informasi kepada pengunjung terkait sejarah maupun destinasi wisata di Kota Solo. Bahkan linmas pariwisata telah dibekali pengetahuan terkait destinasi wisata sejak mereka terbentuk 2020.

Baca juga: Satgas Covid-19 Karanganyar Dapati Objek Wisata Masukkan Pengunjung Lebihi Kapasitas

Pengunjung Bandel

Anggota Linmas Pariwisata Kota Solo, Aziz Okta, mengatakan mayoritas pengunjung Taman Balekambang disiplin terhadap aturan prokes. Namun, hanya sebagian kecil pengunjung sulit diingatkan petugas.

"Yang sulit [ditegur] itu mereka menganggap banyak yang sudah vaksinasi Covid-19 dan jumlah kasus sedikit. Namun, namanya virus kan bisa saja mengenai orang yang sudah vaksin," paparnya.

Linmas Pariwisata Kota Solo lainnya, Yeni Darmawati, mengatakan salah satu tantangan saat menegur pengunjung di TSTJ yang tidak memakai masker yaitu beralasan akan makan. Pengunjung tersebut bahkan berani beradu argumen dengan petugas walaupun tidak sedang membawa makanan.

Baca juga: Penyekatan Kendaraan di Perbatasan Sampai Senin, Hari Ini 125 Orang Tes Swab Antigen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya