SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL: Pelatih Persiba Bantul, Nandar Iskandar, benar-benar dipaksa memutar otak sebelum menjalani laga pertamanya di babak 8 Besar Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia, menghadapi Persema Malang di Stadion Gajayana, Malang, Senin (18/5). Pasalnya, dua pilar utama di lini belakang Persiba, yaitu kapten tim Kahudi Wahyu dan pemain asal Afrika, Michael Ndubuisi, dipastikan absen.

Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi Seto Nurdiyantara dan Ferry Setyawan yang masih meragukan untuk bisa tampil lantaran masih berkutat dengan cedera.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Menghadapi Persema, kami tidak akan diperkuat Kahudi dan Ndubuisi karena akumulasi kartu. Sementara, Ferry seperti yang anda lihat belum bisa berlatih. Untuk Seto memang sudah mulai merumput bersama kami, namun kami belum bisa memastikan karena baru latihan tadi pagi dan sore ini,” kata Nandar Iskandar.

Diakui Nandar, Persiba hanya memiliki waktu yang sempit untuk mempersiapkan pemain sebelum berlaga di babak 8 Besar. Sempitnya jadwal ini membuat Nandar harus merevisi ulang jadwal dan persiapan tim.

Selain melakukan latihan fisik, dan latihan strategi, Nandar sebenarnya telah mempersiapkan sebuah pertandingan ujicoba yang bakal dilakukan sore ini di Stadion Sultan Agung, Bantul, melawan tim divisi III dari Cilacap.

“Ujicoba terpaksa kami batalkan karena keterbatasan waktu. Memang saya sempat merancangnya. Kami sendiri masih menunggu keputusan dari pihak manajemen kapan akan berangkat, apakah Jumat sore atau Sabtu. Kami akan lihat dulu,” tandas dia.

Pelatih asal Bandung itu mengaku tidak terlalu merisaukan absennya Kahudi dan Ndubuisi. Pasalnya sejumlah pemain pengganti telah disiapkan untuk mengamankan tim agar tetap bisa melaju sampai babak empat besar.

Untuk menghadang serangan Persema, Nandar kemungkinan tetap akan menerapkan pola lama 3-5-2 dan memasang beberapa pemain lainnya seperti Dedi Setyawan. “Kami bakal andalkan pemain lainnya. Kami masih memiliki banyak pemain,” ucap dia.

Nandar mengakui jika pelatih Persema, Subangkit, telah mengetahui betul peta kekuatan dan pola permainan yang dikembangkan olehnya. Hal tersebut mengacu pada pertemuan terakhir antara Persema dengan Persiba di tempat yang sama.

Oleh karenanya, Persiba juga akan mengantisipasi strategi yang bakal dimainkan oleh Bima Sakti dan kawan-kawan dalam laga kandang tersebut. “Mereka pasti pengen hasil yang lebih dari yang kemarin, dan menang. Namun kami yakin mampu menunjukkan permainan yang bagus dalam pertandingan nanti,” tutup dia. 

Oleh Jumali
Harian Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya