LINGKUNGAN HIDUP JATENG : Begini Jepara Reboisasi Bantaran Sungai

LINGKUNGAN HIDUP JATENG : Begini Jepara Reboisasi Bantaran Sungai

SOLOPOS.COM - Penanaman 750 pohon di tepi sungai wilayah Desa Tegalsambi, Tahunan, Jepara, Jateng, Jumat (23/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Pemkab Jepara)

Lingkungan hidup Jateng dilestarikan dengan antara lain reboisasi dengan cara penanaman 750 bibit pohon di bantaran sungai Kabupaten Jepara.

Solopos.com, JEPARA — Bencana alam yang silih berganti mendera Jawa Tengah tampaknya memicu kesadaran masyarakatnya untuk melakukan pelestarian lingkungan hidup. Sebanyak 750 bibit pohon, Jumat (23/2/2018), ditanam di sepanjang bantaran aliran Sungai Kembangan dan Sungai Sungapan di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jateng sebagai upaya reboisasi.

Penanaman pohon di Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan tersebut dilakukan bersama-sama oleh Pemkab Jepara bersama unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan setempat, Pemerintah Desa Tegalsambi, dan mahasiswa Universitas PGRI Semarang (Upgris) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain jati, mahoni, sengon, sirsak, durian, dan nangka.

Menurut Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, penanaman bibit pohon secara bersama-sama ini sangat strategis sebagai bentuk kepedulian terhadap alam. "Tentu nantinya akan berdampak positif bagi kelestarian lingkungan hidup," ujar orang nomor wahid di Kabupaten Jepara itu.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi semangat bersama seluruh warga Jepara dalam mencintai alam. Terlebih lagi, kata dia, Jepara pernah memiliki sejarah kelam pada tahun 1998 terkait dengan pepohonan. Pada saat itu, kisah dia, marak pencurian kayu jati atau pembalakan liar pada hutan-hutan di Jepara.

"Setelah itu, masyarakat Jepara dituntut bisa menanam, menjaga, dan merawat pohon sampai tumbuh besar, sehingga ada manfaatnya baik untuk lingkungan maupun untuk warga," ujarnya. Ia pun lalu menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa Upgris yang telah bekerja sama dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di Kabuapten Jepara, khususnya di lima desa di Kecamatan Tahunan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Upgris, Sudargo, mengatakan program KKN merupakan mandat perguruan tinggi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Adapun program-program KKN yang dijalankan, meliputi bidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, dan bidang lingkungan hidup yang salah satunya penenaman pohon.

"Kami juga berterima kasih kepada Pemkab Jepara yang mendukung terselenggaranya kegiatan KNN di Jepara," ujarnya. Ia sempat pula berharap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LPPM Upgris bisa berlangsung dengan berkelanjutan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.