SOLOPOS.COM - Juara I Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2023 Sukoharjo dalam kategori masyarakat umum, Wahyu Wijaya Widiyanto, menunjukkan aplikasi inovasinya di Laweyan, Solo pada Selasa (20/6/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo berupaya melakukan perlindungan hak kekayaan intelektual atau HKI warganya dengan menggodok rancangan peraturan daerah (raperda) riset dan inovasi tahun ini.

Kepala Bidang (Kabid) Riset dan Inovasi Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sukoharjo, Marjono, mengatakan HKI merupakan hasil olah pikir manusia untuk mendapatkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat. Sehingga, hasil riset atau inovasi karya masyarakat Sukoharjo harus dipatenkan agar tidak diklaim oleh pihak-pihak lain.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Guna melindungi HKI, kami merancang payung hukum berupa raperda riset dan inovasi. Tahun ini, Insyaallah segera dibahas oleh DPRD Sukoharjo dan ditetapkan sebagai perda,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (29/4/2024).

Menurut Marjono, banyak inovasi-inovasi yang ditemukan oleh masyarakat Sukoharjo. Inovasi-inovasi tersebut terus dikembangkan agar berguna bagi masyarakat. Selain itu, masing-masing penemu inovasi didorong agar segera mendaftarkan hasil karyanya ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia agar terlindungi hukum.

Masyarakat bisa memanfaatkan HKI untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. “Penguatan ekosistem riset dilakukan dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Termasuk para stakeholder seperti perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan,” ujar dia.

Sebagai contoh, lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Sukoharjo 2024 yang diharapkan menjadi instrumen dalam penguatan ekosistem riset. Hasil karya para peserta, baik kategori pelajar maupun kategori masyarakat, mendapat hak paten yang menjadi modal saat bertemu dengan calon investor.

Marjono menyampaikan antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba Krenova 2024 cukup tinggi. “Proses penjurian tahap II lomba Krenova 2024 sudah rampung. Pemenang kategori pelajar dan kategori masyarakat sudah diumumkan melalui akun media sosial Bapperida Sukoharjo di Instagram,” papar dia.

Disinggung soal kriteria penilaian lomba Krenova 2024, Marjono menyampaikan ada empat aspek yang dinilai dewan juri. Empat aspek itu, yakni orisinalitas dan kepioniran, penerapan di masyarakat, kemanfaatan, dan keberlangsungan.

Juara I, II, dan III bakal mendapat trofi, penghargaan, dan uang pembinaan masing-masing Rp6 juta, Rp5 juta, dan Rp4 juta.

Adapun pemenang lomba Krenova 2024 kategori pelajar, yakni juara I diraih SMA Unggulan CT Arsa Sukoharjo, juara II disabet MTsN 2 Sukoharjo, juara III diraih SMKAN 2 Sukoharjo. Sedangkan, juara I kategori masyarakat diraih Wahyu Wijaya Widiyanto, juara II dan juara III masing-masing diraih Jayus dan Jarwasih.

“Untuk pemberian hadiah direncanakan saat Hari Jadi Sukoharjo 2024 atau peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya