SOLOPOS.COM - (carbuzz)

(carbuzz)

WASHINGTON--Bagi kalangan pecinta mobil klasik, mobil bekas seorang presiden pasti memiliki tempat tersendiri di jajaran koleksinya. Dan kini, mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Amerika Serikat, Eisenhower akan segera dilelang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir carbuzz, Jumat (28/12/2012) mobil itu adalah Cadillac Series 75 model tahun 1955. Mobil ini akan dilelang di Arizona pada bulan depan.

Karena ini adalah salah satu mobil kepresidenan, Gedung Putih membuatnya secara khusus. Ketika masa tugasnya, mobil ini lebih sering digunakan istri Eisenhower, Mamie Eisenhower.

Mobil ini sebenarnya adalah sebuah sedan Imperial delapan penumpang yang kemudian dimodifikasi untuk tugas negara tersebut.

Selain kaca berwarna, radio di kompartemen belakang radio, pemanas dan pendingin udara mobil ini juga dilengkapi dengan bagian atap belakang dari Series 62 Coupe de Ville serta sunroof yang digunakan untuk keluar ke atas mobil saat parade dilakukan.

Setelah Eisenhower, mobil ini terus digunakan oleh Gedung Putih yang kemudian menggantinya dengan Lincoln Continental yang membuat Kennedy tertembak.

Sebelumnya, setelah Eisenhower turun, pemerintah Amerika telah menolak permintaan General Motors yang memproduksi mobil ini untuk menampilkannya di Washington Auto Show pada tahun 1958.

Tapi kemudian, pemerintah Amerika Serikat menjualnya kepada kolektor Prancis, Olivier Delafon, yang kemudian menjualnya lagi kepada pemilik saat ini di Eropa pada tahun 2006.

Saat ini, mobil tersebut diperkirakan akan laku terlelang antara US$ 120.000-150.000 atau sekitar Rp1,15 miliar sampai Rp1,44 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya