Limbad Bertanya Soal Rambut Gimbal, Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad

Limbad Bertanya Soal Rambut Gimbal, Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad

SOLOPOS.COM - Master Limbad berswafoto di sebuah acara. (Instagram)

Video Ustaz Abdul Somad jawab pertanyaan Limbad trending di Youtube.

Solopos.com, SOLO – Pesulap yang kerap melakukan aksi ekstrem, Limbad, kini tampak lebih religius. Ia mengikuti berbagai pengajian dari ustaz-ustaz populer. Belum lama ini Limbad mengikuti pengajian Ustaz Abdul Somad, Limbad bertanya tentang hukum rambut gimbal dalam pandangan Islam.

Momen-momen saat Ustaz Abdul Somad menjawab pertanyaan Limbad diunggah di akun Instagram @limbadindonesia, Sabtu (3/2/2018).

“Assalamualaikum, @limbadindonesia bertanya pada Ustaz Abdul Somad soal hukum rambut gimbal. @ustadzabdulsomad menjawabnya,” tulis @limbadinonesia.

Dalam video tersebut Limbad menuliskan pertanyaan di sebuah kertas yang kemudian dibacakan oleh Ustaz Abdul Somad.

“Assalamualaikum Pak Ustaz, kenalkan saya Mister Limbad, apa hukumnya rambut gimbal?” ucap Abdul Somad membaca pertanyaan dari Limbad.

Saat menjawab, Abdul Somad mengungkapkan sebuah cerita tentang Makkah adalah kota yang panas. Untuk mengatasi hal itu Nabi Muhammad SAW menumbuhkan rambutnya cukup tebal sepanjang tengkuk. Setelah itu rambut ditutup dengan semacam topi dan kemudian ditutup sorban.

“Sebagaimana diriwayatkan oleh guru saya, syekh kami, Nabi Muhammad SAW dulu, Kota Makkah itu dulu sangat panas. Maka Nabi itu dulu kepala ditutupi tiga lapis. Pertama rambutnya, Nabi memiliki rambut panjang di bagian depan sampai ke tengkuk. Jadi panjang itu untuk apa? Menutupi kepala. Kalau tidak ditutup panas. Setelah itu nabi memakai penutup mirip topi, Setelah itu memakai sorban,” jelas Abdul Somad.

Ustaz asal Sumatra Utara itu menegaskan rambut tebal itu tidak ada laranganya dan tidak ada anjurannya sehingga disebut mubah atau boleh. Ustaz Abdul Somad memandang rambut gimbal mirip dengan rambut tebal. Namun ia menyatakan selama tidak ada efek negatif, bisa dibilang boleh-boleh saja dalam Islam.

Mendengar jawaban Ustaz Abdul Somad, Limbad maju ke tempat ceramah, kemudian menyalami serta mencium tangan sang ustaz.

Video jawaban Ustaz Abdul Somad untuk Limbad itu diunggah ulang di Youtube. Video yang diunggah di akun CMG Crew, Jumat (9/2/2018) itu pada Jumat (16/2/2018) sudah ditonton lebih dari 2 juta kali dan berada di posisi ke-5 trending Youtube. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Kesan Penumpang Perahu Hias di Rawa Jombor Klaten: Seperti Naik Kapal Titanic

Naik perahu hias alias perahu tradisional di Rawa Jombor, Krakitan, Bayat, Klaten, dinilai memiliki sensasi tersendiri. Para pengunjung pun antusias.

Atta-Aurel Ikut Yoga Kamasutra, Ini Efeknya untuk Kesuburan Pasutri

Yoga kamasutra juga bisa mempererat hubungan suami istri.

Serangan Udara Israel Berlanjut di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel terus menggempur berbagai lokasi di Jalur Gaza, Palestina, pada Kamis (13/5/2021).

Mitos Kekinian

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Solopos Institute.

Harga Tiket Tidak Naik Saat Lebaran, Jumlah Penumpang Perahu Tradisional Rawa Jombor Membludak

Jumlah penumpang wisata perahu hias di Rawa Jombor Klaten mulai membludak saat memasuki Lebaran 2021, Kamis (13/5/2021) sore WIB.

KorbanTewas Akibat Serangan Israel di Gaza Meningkat Jadi 83

Korban tewas akibat serangan Israel secara total menjadi 83 orang.

Khutbah Salat Id di Wonogiri: Perkuat Jiwa Sosial dan Rasa Persaudaraan

Semua orang harus memperkuat jiwa sosial dan rasa persaudaraan  dalam situasi serba sulit akibat dampak wabah Covid-19 ini. Manusia harus sabar menghadapi ujian Tuhan ini. Demikian pesan khatib Salat Idulfitri di Masjid Agung At Taqwa Wonogiri, Subadi, Kamis (13/5/2021).

Petugas Kebersihan Bekerja Bergilir Saat Lebaran

Para petugas kebersihan terlebih dahulu menunaikan Salat Idulfitri di rumah. Seusai salat, mereka harus kembali bekerja secara bergilir.

Terungkap! Ini yang Dilakukan Wabup Wonogiri Saat Libur Lebaran

Wakil Bupati atau Wabup Wonogiri, Setyo Sukarno, memiliki sejumlah kegiatan untuk mengisi waktu luang selama libur Lebaran, Kamis (13/5/2021) ini.

Penjual Bunga Tabur di Sonolayu Boyolali Sepi Pembeli

para penjual bunga tabur ini berharap pandemi Covid-19 bisa segera berlalu.

Masyarakat Harus Tetap Taat Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan

Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond melalui Kasatlantas AKP Yuli Anggraeni meminta masyarakat selalu menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor dan sabuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang mobil.

Idulfitri, Narapidana Rutan Solo Sungkem Lewat Daring

Pandemi virus corona yang belum berakhir, membuat para WBP Rutan Solo tak bisa bertatap muka langsung dalam besukan keluarga dalam Hari Raya Idulfitri.