SOLOPOS.COM - Ilustrasi perkantoran (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Ada sejumlah tempat di kantor yang berisiko tinggi corona.  Nah bagi Anda pekerja yang sudah kembali ngantor, sebaiknya ketahulah lokasi-lokasi yang rawan persebaran Covid-19 ini.

Sebagaimana diketahui kasus Covid-19 DKI Jakarta kembali meningkat, bahkan hingga dua kali lipat. Pemprov DKI Jakarta mewanti-wanti agar masyarakat mulai mewaspadai kenaikan jumlah kasus virus Corona di perkantoran meski sudah mendapatkan vaksinasi Corona.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

"Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 pada klaster perkantoran dalam seminggu terakhir mengalami kenaikan," tulis Pemprov DKI Jakarta dalam Instagram resminya.

Berikut ini tempat-tempat berisiko tinggi corona di kantor seperti dikutip dari Mirror UK dan detikcom, Senin (26/4/2021):

1. Ruangan sempit

Penularan virus Corona semakin tinggi saat seseorang berada di ruangan minim ventilasi dan tidak memiliki 'space' yang cukup luas. Sebab, ada kemungkinan virus corona bisa bertahan di udara dalam beberapa waktu, dan penyebarannya bahkan bisa dibantu oleh AC.

Baca Juga: 6 Rempah Ini Bantu Sehatkan Pencernaan

Jika terpaksa berada di dalam ruangan yang sempit dan minim ventilasi, pastikan memakai masker dengan benar dan menjaga jarak minimal 2 meter untuk menghindari terpapar corona. Setelah menyentuh setiap permukaan, pastikan mencuci tangan dengan menggunakan sabun agar bebas dari kontaminasi virus.

2. Toilet di kantor

Toilet merupakan salah satu tempat berisiko tinggi corona di kantor. Jadi, ketika menuju toilet umum, usahakan tetap memakai masker dan memastikan tangan selalu steril seusai menggunakan fasilitas umum.

Kemungkinan penularan corona di toilet juga bisa terjadi dari aerosol saat seseorang yang terpapar corona menyiram feses mereka tanpa menutup toilet. Sejumlah partikel dari feses bahkan bisa menyebar sejauh 1 meter. Untuk menghindari penularan tersebut, pastikan selalu menutup toilet saat menyiram feses.

3. Tombol lift

Tombol lift di kantor juga berisiko tinggi corona. Paling sering disentuh, tombol lift berisiko tinggi penularan Corona. Secara tidak sadar, usai menekan tombol lift yang sebelumnya terkontaminasi virus corona, penularan bisa menyebar saat kamu menyentuh bagian jidung, mulut, ataupun mata.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan Saat Puasa? Begini Cara Mengusirnya

Jika tetap terpaksa menyentuhnya, cobalah mengantisipasi hal ini dengan menggunakan sarung tangan saat menyentuh lift, atau selalu memakai hand sanitizer bila tidak sempat mencuci tangan. Tetapi, cuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik lebih disarankan.

4. Gagang pintu

Pegangan pintu juga berisiko tinggi persebaran corona (ilustrasi/Freepik)
Pegangan pintu juga berisiko tinggi persebaran corona (ilustrasi/Freepik)

Selain tombol lift, gagang pintu juga berisiko tinggi virus Corona Covid-19 di kantor karena dipakai banyak orang.  Namun, hal ini bisa diakali dengan menggunakan 'kait pegangan' agar tangan tidak langsung menyentuh gagang pintu.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta: Obat Tetes Mata Bisa Atasi Katarak?

5. Dapur kantor

Apapun fasilitas bersama yang kerap menjadi tempat berkerumun berisiko tinggi Covid-19, termasuk dapur kantor.

Meski sejumlah alat disediakan untuk dipakai bersama, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri. Alangkah baiknya untuk langsung membersihkan peralatan bersama maupun pribadi setelah digunakan. Cuci atau bersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan peralatan dapur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya