SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, BANDUNG — Sebanyak 90 perenang mahasiswa dari 15 kampus di Indonesia mengikuti Liga Mahasiswa (Lima) Swimming 2014 yang digelar di Kolam Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, Sabtu (13/9/2014).

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

“Jumlah peserta jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2013. Lima Swimming 2014 kian dikenal dan menjadi ajang yang diperhitungkan kampus-kampus di Indonesia,” kata Manajer Divisi Olah Raga Liga Mahasiswa, Ratna Sari Dewi.

Pada penyelenggaraan pertamanya tahun lalu, Lima Swimming diikuti oleh 10 perguruan tinggi dengan jumlah perenang mencapai 46 orang.

Peningkatan jumlah peserta tersebut menandakan bahwa saat ini kompetisi Lima Swimming sudah diterima dengan baik oleh kalangan Mahasiswa.

“Kita berharap Mahasiswa yang ikut andil di kompetisi Lima bisa lebih terbuka peluangnya ke tingkat yang lebih profesional. Selain itu karakter Student-Athlete yang dimiliki juga bisa lebih terbentuk,” katanya .

Kelimabelas perguruan tinggi yang ikut serta di Lima Swimming kali ini antara lain, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Universitas Parahyangan (UNPAR) Bandung, Universitas Widyatama, Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci, Universitas Surabaya (UBAYA).

Kemudian Universitas Majalengka, Universitas Machung Malang, Binus University, Politeknik Bandung, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Brawijaya Malang.

Lima Swimming 2014 mempertandingkan 26 nomor untuk putra dan putri yang terdiri dari gaya bebas, punggung, kupu-kupu, dan dada yang masing-masing jarak 50m, 100m, dan 200m. Tiga nomor lainnya berasal dari gaya ganti perorangan 200m, dan dua nomor beregu yakni gaya bebas estafet dan gaya ganti estafet 4X100m untuk putra dan putri.

Para peserta Lima Swimming 2014 akan memperebutkan gelar juara nasional dengan total hadiah mencapai lebih dari Rp20 juta. Juara pertama akan memperoleh hadiah trofi dan uang tunai Rp 5 juta, sementara juara 2 memperoleh trofi + uang tunai Rp 3 Juta, dan juara ketiga mendapatkan Rp2 juta.

Selain itu akan ada penghargaan khusus kepada Best Swimmer dan All Academics Swimmer yang masing-masing memperoleh Rp500.000.

Tahun berikutnya Ratna berharap, Student-Athlete yang terlibat di kompetisi Liga Mahasiswa menjadi lebih banyak dan berkembang lagi.

“Tiap peserta yang sudah ikut dan mengenal kompetisi kita agar bisa menjaga prestasi akademiknya, selain prestasi di lapangan. Karena hal itu merupakan suatu keharusan bagi Student-Athlete Lima agar bisa ikut di kompetisi selanjutnya,” katanya. ekilas Tentang Liga Mahasiswa Sementara itu pertandingan Lima Swiming 2014 menjadi ajang kekuatan dua perenang tuan rumah Putra dan Putri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Fajar Hafian Dani dan Nadia Pangestika menjadi penguasa nomor 100 M Gaya kupu-kupu.

Fajar Hafian menorehkan catatan waktu 58,35 detik sementara Nadia menorehkan catatan waktu 1 menit 8,86 detik. Putaran pertama mempertandingkan 4 nomor masing masing, gaya ganti perorangan putra-putri dan 100 meter gaya kupu-kupu putra-putri.

Pada nomor 100 M gaya kupu-kupu putra, tempat kedua direbut lagi-lagi oleh perenang asal Kota Kembang yaitu Muhammad Hamgari dari Universitas Widyatama Bandung. Sementara tempat ketiga direbut oleh Gerdi Zulfitrianto dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Masing-masing dengan catatan waktu 59,17 detik dan 1 menit 0,58 detik.

Untuk kelompok putri di nomor yang sama, tempat kedua direbut oleh Iffy Nadya Fahmiruwhanti dari Universitas Brawijaya Malang dengan catatan waktu 1 menit 10,17 detik. Sementara tempat ketiga diraih oleh Elvira Wardianti dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan torehan waktu 1 menit 24,50 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya