SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Palembang (Solopos.com)–Kecelakaan yang melibatkan kapal tanker milik Pertamina Gloria Sentosa dan Kapal Jukung di Sungai Musi menyebabkan lima orang tewas. Korban tewas semuanya merupakan penumpang Kapal Jukung.

Kabag Ops Polair Sumatera Selatan Zahrul Badawi mengatakan, kecelakaan ini terjadi di Selat Ajaran Sungsang, Sungai Musi. Saat kecelakaan terjadi, sebagian besar penumpang Kapal Jukung tengah tertidur pulas. “Saat bangun, tahunya saya sudah di air,” kata Edy ,31, salah satu penumpang yang selamat, di kantor Kantor Satpol Air Sumsel, Sei-Lais, Palembang, Jumat (18/3/2011).

Edi mengatakan, korban tewas kebanyakan akibat tertimpa reruntuhan kapal yang rusak akibat tabrakan. “Yang tewas itu semuanya akibat tertimba kayu,” kata Edy.

Informasi yang diterima, kecelakaan terjadi saat Kapal Jukung bergerak dari arah Karangagung ke Sungailais, Palembang. Saat melintas di Selat Ajaran, tiba-tiba ada kapal tanker bermuatan minyak. Kecelakaan pun tak terhindarkan dan Kapal Jukung tertabrak di sisi kanan tengah. Para penumpang itu akhirnya ditolong oleh sebuah perahu yang berada di belakang mereka.

Saat ini juru mudi kapal tanker Gloria Sentosa Mustari dan Perahu Jukung Irvansyah, saat ini tengah diperiksa Polairud Polda Sumsel. Berdasarkan pemeriksaan sementara, sebelum kecelakaan kapal tanker sudah memberi tanda dengan menyalakan lampu, tapi perahu jukung Irvansyah yang dikemudikan Ishak Junaidi ,43, terus melaju sehingga terjadi kecelakaan.

Mustari mengaku dia sempat berusaha menghentikan laju tanker bahkan mematikan mesin guna menghindari kecelakaan. Tetapi diduga karena jarak sudah terlalu dekat maka kecelakaan tak terhindarkan. Saat itu jukung Irvansyah bergerak beriringan dengan satu jukung lain dan posisinya berada di depan.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya