SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Nutrisi sangat penting dalam pertumbuhan anak. Dengan nutrisi yang baik, maka anak Anda bisa tumbuh dengan maksimal dan sehat. Lantas, apa saja nutrisi yang dibutuhkan sang Anak? Simak di bawah ini:

1. Kalsium
Nutrisi yang satu ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, kalsium juga menentukan kekuatan tulang sang anak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam satu hari, dibutuhkan sekitar 500 miligram kalsium untuk balita berumur satu hingga tiga tahun. Sedangkan untuk anak yang berumur empat hingga delapan tahun membutuhkan 800 gram kalsium dan bagi mereka yang di atas sembilan tahun membutuhkan 1.300 miligram kalsium per harinya. Kalsium banyak terkandung di dalam bayam, keju dan juga susu.

2. Magnesium
Magnesium bertanggung jawab atas 300 bahan kimia yang bereaksi di dalam tubuh. Magnesium akan menjaga anak Anda dari rasa gelisah dan membuat jantungnya berdetak dengan kuat dan stabil.

Bayi di bawah enam bulan hanya membutuhkan 30 miligram magnesium dan meningkat menjadi 74 miligram saat bayi memasuki usia enam bulan hingga satu tahun. Bayi yang berumur satu hingga tiga tahun membutuhkan 80 miligram magnesium. Angka tersebut semakin meningkat menjadi 130 miligram per hari saat mereka memasuki usia empat hingga delapan tahun dan saat mereka memasuki usia sembilan tahun keatas, kebutuhan magnesium menjadi 240 miligram. Magnesium banyak terkandung di dalam alpukat, kacang almond dan bayam.

3. Vitamin D
Vitamin ini menjaga fungsi sistem imun anak agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu vitamin D juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan kekuatan anak.

Akademi pediatrik di Amerika menyarankan agar anak-anak mengkonsumsi 400 miligram vitamin D setiap harinya di setiap usia. Mendapatkan vitamin D tidaklah sulit karena banyak terkadung dalam ikan dan susu.

4. Vitamin E
Berperan besar dalam mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung. Vitamin E juga menghindari infeksi mata pada anak. Manfaat lain dari vitamin E mirip dengan vitamin D, yakni meningkatkan sistem imun anak.

Tidak perlu banyak-banyak mengkonsumsi vitamin E. Bayi Anda hanya butuh empat hingga lima miligram vitamin E per harinya dan meningkat menjadi 15 miligram perhari saat usianya beranjak dewasa. Anda bisa menemukan vitamin E pada kacang-kacangan. Kiwi dan brokoli juga mengandung vitamin E.

5. Serat
Banyak anak yang sering kekurangan serat sehingga pencernaannya tidak lancar. Padahal serat berperan dalam membersihkan usus besar dan menghindari risiko penyakit jantung.

Seorang anak membutuhkan 20 hingga 26 gram serat setiap harinya. Sayangnya, kebanyakan anak hanya memenuhi setengah dari jumlah yang dibutuhkan. Sayuran menjadi makanan yang mengandung banyak serat, namun biasanya anak-anak agak sulit untuk makan sayur. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan roti gandum, sereal atau buah.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya