Tutup Iklan

Lima Makanan dan Minuman Ini Mampu Atasi Dehidrasi

Jangan abaikan rasa haus apalagi di musim kemarau, karena itu salah satu sinyal bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

 Buah semangka (Freepik)

SOLOPOS.COM - Buah semangka (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Jangan abaikan rasa haus apalagi di musim kemarau, karena itu salah satu sinyal bahwa Anda mengalami dehidrasi. Hal ini bisa terjadi lantaran terdapat banyak cairan yang hilang dari tubuh daripada yang masuk.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi selain cuaca panas. Yakni obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan. Seseorang bisa pingsan, pusing, haus, lelah, mulut kering, dan kesulitan fokus saat dehidrasi.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menyelamatkan Anda dari dehidrasi, dikutip dari Antaranews.com yang melansir Healthline.

Baca juga: Benarkah Labu Kuning Bisa untuk Obat Covid?

Air kelapa

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin.

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur.

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan sedikit karbohidrat. Ini sangat penting jika Anda mengalami dehidrasi dan tidak dapat menahan banyak hal lain. Air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot.

Kaldu dan sup

Seperti air kelapa, kaldu dan sup memberikan kandungan air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci dalam rehidrasi.

Kaldu tulang dan sup lain dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini adalah protein yang berasal dari hewan yang penting untuk kesehatan sendi, yang mungkin sangat penting jika dehidrasi Anda disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan.

Baca juga: Penelitian: Penggunaan Masker Ganda 95 Persen Efektif Mencegah Droplet

Semangka dan melon

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menjaga Anda tetap terhidrasi.

Hal ini terutama berlaku untuk buah-buahan seperti semangka dan melon. Ini semua memiliki kandungan air yang sangat tinggi, menjadikannya pilihan terbaik saat Anda mengalami dehidrasi.

Menyimpan melon di lemari es dapat membantu mendinginkan Anda jika dehidrasi disebabkan oleh panas. Anda juga dapat membekukan melon dan mengisapnya jika mengalami mual.

Smoothie

Salah satu minuman yang dapat memberikan Anda cairan saat mengalami dehidrasi adalah. Minuman ini terdiri dari susu, jus atau es teh tanpa pemanis yang ditambahkan segenggam buah dan sayuran, dan kadang-kadang yogurt untuk tambahan protein. Anda juga dapat menggunakan susu nabati atau bubuk protein sebagai pengganti produk susu.

Minuman smoothie sangat lembut dan menyegarkan dan memiliki kandungan untuk memgembangkan cairan yang hilang.

Smoothie berry mengandung banyak vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini sangat penting jika dehidrasi Anda disebabkan oleh demam atau infeksi.

Jika perut Anda terasa perih, coba tambahkan jahe atau mint ke dalam campuran smoothie. Penelitian menunjukkan bahwa ini membantu menangkal mual dan mengurangi gangguan pencernaan.

Baca juga: Aneka Kreasi Buah Pisang untuk Camilan Si Kecil

Susu

Segelas susu menghantarkan cairan serta protein, karbohidrat, dan sedikit lemak. Ini adalah pilihan yang baik untuk rehidrasi karena mengandung banyak elektrolit yang bermanfaat.

Nutrisi tambahan dalam susu, seperti laktosa, natrium, dan kalium, membantu tubuh memperlambat laju penyerapan cairan dan seberapa cepat ini diekskresikan dalam urin.

Susu adalah pilihan yang baik jika Anda mengalami nafsu makan yang buruk atau mual. Minumlah yang dingin jika Anda terlalu kepanasan, atau gunakan untuk mengisi kembali kalori dan cairan setelah berolahraga.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

4 Tanda Anda Tidak Bahagia Dilihat dari Sisi Psikologis

Seringkali kita mengartikan orang yang jarang tersenyum sebagai tanda tidak bahagia.

Perhatikan Ini Sebelum Melepas Anak Sekolah Tatap Muka

Berikut berapa hal dapat disiapkan orang tua sebelum melepas anak untuk sekolah tatap muka.

Serem! Perempuan ini Diganggu Hantu Sampai Terseret ke Dapur

Video seorang perempuan yang tengah membuka sebuah kardus tiba-tiba terseret ke dapur rumahnya tanpa sebab menjadi viral.

Bak Pinang Dibelah, Wajah Perempuan Solo Ini Mirip Ernest Prakasa

Video seorang wanita yang disebut memiliki wajah yang mirip dengan aktor Ernest Prakasa viral di dunia maya.

Bukan Hanya Otak, Organ Lain Juga Rawan Kena Komplikasi Hipertensi

Kerusakan organ tubuh akibat komplikasi hipertensi tergantung kepada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Pisang Jumbo di Papua Ini Ukurannya Bikin Melongo

Pisang berukuran jumbo dengan diameter 10 cm ditemukan di Papua.

Seperti Tukul Arwana, Banyak Orang Tidak Menyadari Idap Hipertensi

Sebagian besar penderita tidak mengetahui dirinya idap hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Kenali Gejala Hipertensi Seperti Dialami Tukul Arwana

Sebenarnya Tukul Arwana juga sudah menunjukkan gejala hipertensi, namun banyak yang tak menyadarinya.

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok, Semuanya Menggugah Selera

Ini dia lima kuliner khas Mandalika, Lombok Tengah, NTB, yang bisa kamu coba setelah menonton balapan di Sirkuit Mandalika.

Asale Mandalika, Surga Tersembunyi di Lombok

Inilah sejarah dan potensi wisata di Mandalika yang disebut sebagai surga tersembunyi di Lombok, NTB.

Wisata Dekat Sirkuit Mandalika Lombok, Hangout Sambil Nonton Balapan

Ini dia deretan wisata eksotis dari pantai hingga budaya di dekat atau sekitar Sirkuit Mandalika di Lombok yang bisa kamu kunjungi sembari nonton balapan.

Legenda Putri Mandalika Bersejarah dengan Sirkuit MotoGP Megah

Terdapat legenda bersejarah Putri Mandalika di Lombok yang konon katanya memiliki paras cantik jeita. Ini dia ceritanya!

Viral Hijabers Dugem, Netizen: Tanda-Tanda Kiamat!

Para pemudi berhijab itu disebut 'dugem halal' karena asyik joget di kafe dengan lampu percahayaan yang minim.

Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Tips memasak nasi kali ini membahas tentang bagaimana cara mencuci beras yang benar agar vitaminnya tidak hilang?

Ikuti Jejak Mark Zuckerberg, Yuk Terapkan Frugal Living

Di Indonesia, ada Cinta Laura, Desi Anwar, dan Raditya Dika yang telah menerapkan gaya hidup frugal living.