SOLOPOS.COM - Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Baron. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Setidaknya sudah lima hari ini nelayan Pantai Baron mulai memanen ikan utik atau lele laut. Panen utik kali ini dirasa melimpah.

Petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Baron Wasiman menuturkan selama lima hari ini setidaknya sudah ada 1,5 ton ikan utik yang tercatat. Menurut dia hasil tersebut lebih banyak dibanding hasil sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bulan-bulan ini merupakan musim utik. Biasanya utik dipancing di perairan dengan kedalaman sekitar 40 meter dan agak ke tengah. Setiap kilogramnya antara Rp10.000 hingga Rp12.000,” papar dia kepada Harian Jogja di TPI Pantai Baron, Senin (21/10/2013).

Salah satu nelayan Suyadi menuturkan ikan utik yang ditangkap merupakan hasil dari teknik pancing rawe. Nelayan lebih memilih memancing dengan menggunakan teknik rawe karena hasilnya lebih banyak.

“Hasil dengan jaring lebih sedikit. Rata-rata ikan yang ditangkap merupakan ikan gembung,” papar dia.

Teknik pancing rawe merupakan teknik di mana nelayan menebar pancing dengan ribuan mata pancing. Ketika dipasang sore nelayan akan mengangkat pancing pada keesokan harinya. Ia menambahkan setelah musim utik nelayan akan panen ikan bawal dan lobster.

Selain mencari utik, ada beberapa nelayan yang memancin gurita. Namun harga gurita sedang tidak bagus karena belum ada permintaan dari pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya