Lima Gunung Tertinggi di Jawa Timur, Ada yang Tertinggi Se-Pulau Jawa

Berikut ini deretan gunung tertinggi di Jawa Timur.

 Seorang anak berangkat sekolah dengan latar belakang Gunung Semeru di Sumbermujur, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (14/12/2021). Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang menyediakan tenda darurat untuk menggelar pendidikan karena sebagian sekolahan masih digunakan sebagai posko pengungsian dan logistik. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/hp.

SOLOPOS.COM - Seorang anak berangkat sekolah dengan latar belakang Gunung Semeru di Sumbermujur, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (14/12/2021). Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang menyediakan tenda darurat untuk menggelar pendidikan karena sebagian sekolahan masih digunakan sebagai posko pengungsian dan logistik. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/hp.

Solopos.com, MADIUN — Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang memiliki jumlah gunung terbanyak di Indonesia. Bahkan salah satu gunung yang ada di Jawa Timur menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Sejumlah gunung yang ada di Jatim memiliki pemandangan yang indah dan menjadi tempat favorit untuk pendakian. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini daftar gunung tertinggi di Jawa Timur:

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

  1. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur dan sekaligus gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung dengan puncaknya bernama Mahameru itu memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Baca Juga: Bukit Soeharto di Ponorogo, Objek Wisata Baru yang Ramai Pengunjung

Gunung Semeru secara administratif masuk di dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semeru memiliki danau yang fenomenal bernama Ranu Kumbolo.

  1. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jatim yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl. Gunung berapi kerucut ini secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi keempat di Indonesia, setelah Gunung Semeru.

Puncak Gunung Arjuno. (backpackerjakarta.com)
Puncak Gunung Arjuno. (backpackerjakarta.com)

Gunung Arjuno ini bersebelahan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Gunung ini menjadi salah satu tujuan pendakian yang cukup favorit. Gunung ini juga memiliki sejumlah tempat wisata, seperti air terjun Kakek Bodo yang juga menjadi salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuno.

Ada sejumlah jalur pendakian ke puncak Gunung Arjuno, dari arah utara atau Tretes melalui Gunung Welirang, arah timur (Lawang), arah barat (Batu Selecta), arah selatan (Karangploso), selain itu juga bisa dari Sumberwan, Singosari. Desa Sumberawan merupakan desa terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pendakian. Selain itu juga bisa melewati Purwosari yang lebih mudah dilewati karena hanya setengah jam dari jalan raya dan langsung sampai di Tambakwatu.

Baca Juga: Hindari Jalan Berlubang, Kakek-Kakek di Ponorogo Meninggal Kecelakaan

  1. Gunung Raung

Gunung Raung ini memiliki ketinggian 3.344 mdpl. Gunung berapi kerucut ini terletak di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, Gunung Raung ini termasuk dalam wilayah Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung ini masuk dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut.

Warga melihat Gunung Raung yang meletus dari Desa Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (25/7/2015).(JIBI/Solopos/Antara/Budi Candra Setya)
Warga melihat Gunung Raung yang meletus dari Desa Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (25/7/2015).(JIBI/Solopos/Antara/Budi Candra Setya)

Di gunung ini terdapat beberapa titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

  1. Gunung Lawu

Gunung Lawu menjadi gunung tertinggi keempat di Jawa Timur karena memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Gunung Lawu berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini terletak di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur serta di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

puncak lawu pantangan mitos gunung lawu eksplorasi energi panas bumi gunung lawu, tangga menuju puncak Gunung Lawu gunung tertinggi di jatim
Gunung Lawu. (Indonesia.go.id)

Gunung yang terkenal dengan berbagai mitosnya ini merupakan salah satu gunung pendakian tefavorit. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi bernama Hargo Dumilah. Di gunung ini juga terkenal dengan adanya warung tertinggi yang ada di puncak gunung, yakni warung milik Mbok Yem.

  1. Gunung Welirang

Gunung Welirang inimemiliki ketinggan 3.156 mdpl dan merupakan gunung berapi aktif. Secara administratif, gunung ini berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto. Gunung Welirang ini berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Baca Juga: Serabi Kerun Ayu, Kudapan Lezat yang Melegenda di Ponorogo

Gunung ini juga menjadi gunung pendakian terfavorit. Jalur pendakian bisa dilakukan melalui Desa Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Laka Maut Bus Sugeng Rahayu & 2 Motor di Madiun, Sopir Jadi Tersangka?

      Kecelakaan beruntun anatar bus Sugeng Rahayu dengan dua sepeda motor di Madiun bikin tiga orang meninggal dunia.

      Bencana Tahunan! Sumur Kering, Warga Desa di Ponorogo Butuh Air Bersih

      Satu desa di Kabupaten Ponorogo sudah mengalami kekeringan dan membutuhkan dropping air bersih.

      Gunakan Ketapel, Pria Ini Selundupkan Narkoba ke Lapas Pemuda Madiun

      Seorang pria menyelundupkan narkoba ke Lapas Pemuda Madiun dengan cara melemparnya dengan ketapel.

      Terpikat Pilot Gadungan, Wanita Kehilangan Mobil saat Diajak Ngamar

      Seorang pria yang mengaku sebagai pilot pesawat Garuda Indonesia menipu seorang janda dan membawa kabur mobilnya.

      Suhu Capai 33 Derajat Celcius, Simak Prakiraan Cuaca di Madiun Hari Ini

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Selasa 9 Agustus 2022.

      Mantap! Petani Ponorogo Ekspor Kunyit Senilai Rp3 Miliar ke India

      Kelompok petani di Kabupaten Ponorogo kembali mengirim kunyit kering ke India.

      Diduga Terpeleset,Pemancing Tenggelam & Meninggal di Waduk Kedungbrubus

      Seorang pemancing meninggal dunia di area Waduk Kedungbrubus, Desa Bulu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

      Polisi Masih Buru Pelaku Lain Kasus Teror Warga Desa di Jember

      Polres Jember masih terus memburu sejumlah pelaku lain dalam kasus pembakaran rumah dan premanisme yang terjadi di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember.

      Penonton Festival Reog Ponorogo Membeludak, PAD Tembus Rp529 Juta

      Pendapatan asli daerah dari penjualan tiket Festival Nasional Reog Ponorogo mencapai lebih dari setengah miliar rupiah.

      Tabrakan Adu Banteng Truk Bawa Tebu & Avanza di Madiun, 2 Orang Terluka

      Kecelakaan adu banteng antara truk pengangkut tebu dengan mobil Avanza terjadi di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Senin siang.

      Panas Lur! Simak Prakiraan Cuaca Madiun pada Senin Ini

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Senin 8 Agustus 2022.

      Wow, Lukisan Reog Obyok Karya Pelukis Ponorogo Laku Terjual Rp30 Juta

      Lukisan reog obyok karya pelukis Ponorogo laku terjual Rp30 juta saat pameran lukisan dalam memeriahkan Grebeg Suro Ponorogo 2022.

      Rumah Atlet Bulu Tangkis Jatim Dibobol Maling, Sepeda Motor Digondol

      Rumah milik atlet bulu tangkis Jawa Timur, Nur Yahya Ady Velani, yang ada di Jalan Bulak Rukem Timur gang 2A Surabaya

      Pasca-kerusuhan di Mulyorejo Jember, Korban Ikuti Trauma Healing

      Warga di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember, menjalani trauma healing setelah aksi kerusuhan terjadi di desanya.

      Dihantam Berbagai Masalah, Kapolri Didoakan Para Kiai di Kediri

      Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo didoakan para kiai saat berkunjung ke Kediri.