SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, MADIUN — Bawang merah merupakan salah satu komoditas yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia karena menjadi salah satu bumbu yang banyak digunakan dalam membuat masakan sehari-hari.

Pada momen tertentu, seperti Lebaran, harga bawang merah biasanya mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Hal ini karena permintaan komoditas ini sangat tinggi. Ini berarti bawang merah menjadi komoditas strategis dan bernilai ekonomi tinggi.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Melansir dari buku Statistik Indonesia 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Jawa Timur menjadi daerah yang memproduksi bawang merah terbesar kedua dalam lingkup nasional setelah Jawa Tengah. Pada tahun 2022, Jawa Timur dapat menghasilkan sebesar 473.989 ton dengan luas area tanam 51.347 hektar. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 500.992 ton.

Banyaknya jumlah hasil produksi tersebut tidak lepas dari daerah-daerah di Jawa Timur yang menyumbangkan produksi bawang merah paling banyak. Berikut daerah di Jawa Timur yang memproduksi bawang merah terbanyak melansir dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur.

  1. Nganjuk

Daerah yang memproduksi bawang merah paling tinggi adalah Kabupaten Nganjuk. Pada tahun 2022, Kabupaten Nganjuk menghasilkan bawang merah sebesar 1.939.881 kuintal dengan luas area panen seluas 17.345 hektare.

Jumlah tersebut dapat dikatakan meningkat dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 1.936.524 kuintal. Tak heran jika selain dijuluki sebagai Kota Angin, Kabupaten Nganjuk juga disebut sebagai Kota Brambang. Sentra penyumbang jumlah produksi bawang merah paling tinggi adalah Kecamatan Rejoso, Bagor, dan Gondang.

  1. Probolinggo

Daerah yang menduduki posisi kedua penghasil bawang merah paling tinggi adalah Kabupaten Probolinggo. Pada tahun 2022, Kabupaten Probolinggo menghasilkan bawang merah sebesar 582.388 kuintal dengan luas area panen seluas 9.038 hektare.

Jumlah tersebut telah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 663.708 kuintal. Sentra yang memproduksi bawang merah paling besar berada di Kecamatan Dringu, Gending, dan Tegalsiwalan.

  1. Malang

Kabupaten Malang memproduksi bawang merah sebanyak 512.213 kuintal dengan luas area tanam seluas 1.525 hektare. Jumlah tersebut telah mengalami  peningkatan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 505.872 ton.

Besarnya jumlah produksi bawang merah tersebut membuat Kabupaten Malang menjadi daerah penghasil bawang merah terbesar ketiga di Jawa Timur. Kecamatan yang menyumbangkan jumlah produksi bawang merah paling tinggi adalah Kecamatan Ngantang.

  1. Sampang

Daerah penghasil bawang merah terbesar keempat di Jawa Timur adalah Kabupaten Sampang. Pada tahun 2022, Kabupaten Sampang berhasil memproduksi bawang merah sebesar 396.943 kuintal dengan luas area panen seluas 4.420 hektare.

Jumlah tersebut telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 352.335 kuintal. Kecamatan yang memproduksi bawang merah paling besar adalah Kecamatan Sokobanah.

  1. Bojonegoro

Daerah penghasil bawang merah terbesar kelima adalah Kabupaten Bojonegoro. Pada tahun 2022 memproduksi bawang merah di Kabupaten Bojonegoro mencapai angka 331.942 kuintal dengan luas area panen seluas 3.949 hektare.

Jumlah tersebut hampir sama dari tahun sebelumnya yang jumlahnya sebesar 331.642 kuintal. Kecamatan yang menyumbangkan jumlah produksi bawang merah paling besar adalah Kecamatan Gondang dan Kedungadem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya