SOLOPOS.COM - Tumpahan solar di di Tikungan Blondo Celong Kutowinangun Kidul, Salatiga (Istimewa/BPBD Kota Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Peristiwa solar tumpah terjadi di sejumlah ruas jalan di Kota Salatiga selama satu pekan terakhir.

Beberapa di antara di Jl. Salatiga-Kopeng, tepatnya di samping Ikon Resto Salib Putih Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga dan tikungan Blondo Celong Kutowinangun Kidul, Salatiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah pengguna jalan mengalami kecelakaan saat melintas di jalan tersebut karena terpeleset solar yang tumpah.

Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugoroho, mengomentari terkait itu. Dia menghimbau masyarakat berhati-hati dan waspada saat berkendara.

“Tumpahnya solar di jalan merupakan kejadian yang sifatnya insidentil atau kejadian yang tidak pasti. Masyarakat terutama pengguna jalan diharapkan tetap konsentrasi saat berkendara, terutama apabila ada insiden solar tumpah di jalan,” kata Betty saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara HUT Polwan di Polres Salatiga Jumat (12/8/2022).

Baca Juga : Awas! Pengendara Motor Wajib Hati-hati saat Lewat Jalan Ini di Salatiga

Selain memberikan imbauan, Satlantas Polres Salatiga juga berupaya mengecek kendaraan yang membawa solar.

Tujuan pengecekan kendaraan itu untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kelebihan muatan maupun penambahhan volume (overdimensi) kendaraan pengangkut solar.

“Untuk masyarakat khususnya warga Salatiga, silakan berkoordinasi dengan kami bilamana menemukan tumpahan solar yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Betty.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Salatiga, Wiryawan, juga mengingatkan pengendara sepeda motor agar berhati-hati saat melintas di jalan rawan kecelakaan.

Jalan rawan kecelakaan yang dimaksud, seperti jalan menurun dan menikung maupun jalan yang terdapat tumpahan solar. “Apalagi kalau terlihat di aspal lebih pekat karena tumpahan solar,” jelasnya.

Baca Juga : Tabrak Markah Jalan di Depan Banaran Cafe Salatiga, Mahasiswa asal Papua Meninggal

Ia menyampaikan ciri-ciri aspal yang terkena tumpahan solar. Salah satunya adalah warna aspal akan menjadi hitam pekat.

Ia meminta warga segera melaporkan kepada BPBD Kota Salatiga apabila melihat kondisi tersebut. Harapannya solar yang tumpah ke jalan dapat segera ditangani dan tidak membahayakan pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya