Lihat Hal Mistis Saat Mendaki Gunung, Ini yang Harus Dilakukan
Ilustrasi pendakian gunung (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Solopos.com, MADIUN - Pendaki asal Kota Madiun, Heru Purwanto, berbagi pengalamannya ketika mendaki gunung. Dia juga memberikan tips ketika menjumpai hal mistis saat mendaki gunung.

Heru mengaku sudah puluhan gunung di pulau Jawa yang telah didaki selama ini. Pria yang kini berusia 47 tahun ini memang sudah hobi di dunia pendakian sejak masih remaja. Dari pengalaman pendakian itu, ia pun kerap kali mendapatkan pengalaman mistis. Khususnya di pegunungan yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tak Cuma Satwa Dijual, Taman Bunga di Bimardi Farm And Park Wonogiri Juga Gundul

Heru pun memberikan tips kepada para pendaki saat melihat hal-hal mistis ketika sedang mendaki gunung. Jangan pernah bercerita soal penampakan yang dilihat saat sedang mendaki. Ketika membicarakan hal-hal mistis yang dilihat kepada temannya, bisa berpengaruh pada psikologis rombongan pendaki yang lain.

“Jangan sekali-kali membahas hantu atau hal mistis saat sedang mendaki. Semisal saat di perjalanan pendakian melihat penampakan. Jangan diceritakan. Soalnya kalau itu diceritakan bisa membuat pendaki lainnya drop dan takut. Kalau mau diceritakan ya saat nanti di rumah atau sudah di bawah,” terang Heru di acara talk show pendaki di masa pandemi di Mucoffee Jl. Salak, Kota Madiun, akhir pekan lalu.

Bertemu Pocong

Pengalaman mistis yang paling diingatnya yaitu saat dirinya bersama teman-teman mendaki di Gunung Merbabu, Jawa Tengah pada 2014 silam. Saat itu, ia mendaki Gunung Merbabu via jalur pendakian Cuntel. Kala itu kondisi Cuntel masih sepi.

Saat akan turun dari puncak, ia bersama teman-temannya sedang beristirahat sebentar di pos pendakian. Di tengah melepas lelah itu, tiba-tiba ada pasukan pocong yang berjalan melintas di depannya. Pasukan pocong itu kemudian menuju satu sosok yang disebutnya sebagai “Semar”.

“Saat itu kan kondisinya lelah, letih. Mau istirahat sebentar, eh malah lewat pasukan pocong di depan saya. Pocong-pocong ini menuju ke sosok yang seperti Semar. Itu pengalaman yang paling horor yang pernah saya alami,” ujarnya.

Program Hibah Modal Usaha Rp2 Miliar DSC XI Dibuka, Catat Cara Daftarnya

Selain pengalaman mistis itu, Heru menyampaikan kegiatan mendaki gunung memang aktivitas yang membuat candu. Melihat keindahan alam di atas gunung membuatnya lebih tenang. Namun, untuk melakukan pendakian memang dibutuhkan persiapan yang cukup supaya fisik tetap sehat saat melalui jalur pendakian yang curam.

Selain Heru, pendaki gunung asal Madiun lainnya, Irdan Kadnezart juga mengakui hal serupa. Irdan yang sudah mendaki puluhan gunung di Jawa ini juga mengaku sempat menjumpai hal-hal mistis saat sedang melakukan pendakian.

“Saya juga kerap menemui hal mistis saat sedang mendaki gunung. Hal itu memang sudah biasa,” ujar Irdan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom