SOLOPOS.COM - FC Barcelona (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Liga Spanyol akan menyajikan duel Valencia vs Barcelona.

Solopos.com, VALENCIA — Musim lalu, Valencia tak lebih sebagai bahan tertawaan bagi lawan-lawannya. Tapi siapa sangka, tim berjuluk Los Che itu, menjadi penantang serius Barcelona di perebutan gelar juara Liga Spanyol musim ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Valencia pernah akrab dengan papan atas klasemen. Namun dalam lima musim terakhir, performa Los Che cukup mengkhawatirkan. Tim yang mengoleksi enam gelar Liga Spanyol ini sampai melakukan 10 kali pergantian pelatih dalam kurun waktu tersebut.

Valencia dua kali finis di posisi ke-12. Bahkan musim lalu, mereka menorehkan rekor kebobolan paling banyak sepanjang sejarah klub dengan 65 kemasukan gol. Valencia lantas melakukan perombakan besar-besaran.

Los Che mendatangkan pemain-pemain baru dengan cara meminjam dari tim-tim besar, seperti Geoffrey Kondogbia, Goncalo Guedes, Jeison Murillo, dan Andreas Pereira. Sementara tongkat pelatih diserahkan kepada Marcelino.

Di tangan pelatih berusia 52 tahun itu, Valencia bangkit. Marcelino membantu kapten Dani Parejo membungkam kritik. Dia juga menjadikan striker Simone Zaza yang pernah melempem bersama West Ham United kembali menggigit dengan sembilan gol dalam 13 pertandingan awal musim ini.

Di saat performa Real Madrid dan Atletico Madrid  sedang angin-anginan dan tertinggal 10 poin dar Barcelona, Valencia justru tampil konsisten dengan mencatat rekor kemenangan beruntun dalam delapan pertandingan terakhir. Itu menjadi streak kemenangan terpanjang sejak mereka meraih 13 hasil maksimal tanpa putus di era pelatih Rafael Benitez pada 2001/2002.

Valencia pun bakal memangkas jarak menjad satu poin dari Barcelona jika mereka meraih kemenangan ketika kedua tim dipertemukan pada jornada ke-13 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia, Senin (27/11/2017) pukul 02.45 WIB.

Valencia tidak akan didampingi Marcelino pada duel big match ini. Marcelino terkena sanksi larangan dua kali mendampingi timnya setelah melakukan protes berlebihan kepada wasit Alejandro Hernandez Hernandez ketika Los Che  menang 2-0 atas Espanyol.

Meski demikian, Valencia tidak perlu khawatir karena mendapat dukungan penuh di Mestalla. Kelelawar, julukan lain Valencia, belum pernah menelan kekalahan dalam enam pertandingan home di Liga Spanyol musim ini, dengan lima kali menang dan sekali imbang.

“Mestalla akan menjadi wadah keramaian dan fans akan mengangkat motivasi kami untuk menang. Kami sudah tak sabar dengan pertandingan ini dan jika kami bisa mengalahkan Barca, itu akan lebih baik,” urai defender Valencia, Martin Montoya, dilansir Reuters, Sabtu (25/11/2017).

Barcelona menyadari bakal susah membuat Kelelawar terkapar di Mestalla. Tapi Lionel Messi dkk. tak kalah percaya diri setelah menang 11 kali dalam 12 pertandingan terbaru mereka. Messi akan kembali menempati starter setelah turun dari bangku cadangan ketika Barcelona ditahan imbang 0-0 di  markas Juventus pada Liga Champions, tengah pekan lalu. Bomber berjuluk La Pulga itu terlibat 26 kali dalam 33 gol terbaru Barcelona ke gawang Valencia di Liga Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya