SOLOPOS.COM - Para pemain Barcelona (dari kiri) Gerard Pique, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Jordi Alba dan Marc Bartra bergembira di akhir pertandingan melawan Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Minggu (12/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Para pemain Barcelona (dari kiri) Gerard Pique, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Jordi Alba dan Marc Bartra bergembira di akhir pertandingan melawan Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Minggu (12/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Para pemain Barcelona (dari kiri) Gerard Pique, Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Jordi Alba dan Marc Bartra bergembira di akhir pertandingan melawan Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Minggu (12/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

MADRID – Gol bunuh diri dari kapten Atletico Madrid, Gabi membantu tim yang baru dimahkotai gelar juara Liga Spanyol, Barcelona merayakan keberhasilan mereka itu saat mereka bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di Calderon pada Minggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Radamel Famcao mengancam untuk merusak pesta gelar Barca ketika ia mencetak gol pada menit ke-51, namun Alexis Sanchez menyamakan kedudukan pada menit ke-72 sebelum tembakan David Villa dibelokkan ke gawang sendiri oleh Gabi delapan menit berselang. Barca harus bermain dengan sepuluh pemain pada 20 menit terakhir setelah Lionel Messi terpaksa meninggalkan lapangan akibat kemungkinan kembali diganggu cedera otot paha belakang, setelah pelatih Tito Vilanova telah melakukan tiga pergantian pemain.

Tim Katalan itu, yang keunggulan nilainya di puncak klasemen tidak dapat dikejar tim manapun pada Sabtu ketika tim peringkat kedua Real Madrid bermain imbang 1-1 di markas Espanyol, unggul sepuluh angka dengan koleksi 91 angka. Dengan tiga pertandingan tersisa, Barca memiliki peluang untuk menyamai rekor peraihan 100 angka dalam semusim yang ditorehkan Real pada musim lalu. Pasukan Jose Mourinho memiliki 81 angka, namun hanya tinggal memainkan dua pertandingan lagi.

Para pemain Atletico menampilkan barisan kehormatan bagi Barca ketika mereka memasuki stadion Calderon, di mana kedua tim telah mengamankan tujuan-tujuan utamanya – gelar liga dan tiket kualifikasi Liga Champions. Tuan rumah membagi fokus pada final Piala Raja Jumat di mana mereka harus berhadapan dengan Real di Benabeu, namun mereka masih menurunkan tim hampir berkekuatan penuh, meski hanya ada sedikit peluang pada babak pertama.

Beberapa saat babak kedua bergulir Atletico meraih keunggulan atas tim tamu melalui serangan balik, dan meski terjatuh Gabi mampu meneruskan bola ke jalur Falcao untuk dituntaskan menjadi gol. Itu merupakan gol liga ke-28 bagi penyerang Kolombia itu di musim ini.

Alexis menyamakan kedudukan untuk Barca, setelah bertukar operan dengan Cesc Fabregas, ketika ia berlari menuju kotak penalti dan mengecoh kiper Thibaut Courtois. Saat pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit, upaya Gabi untuk membuang bola justru membelokkan tembakan David Villa yang sebenarnya melebar, dan bola yang mengenai pahanya pun masuk ke gawang sendiri.

Pada pertandingan sebelumnya, Roberto Soldado mencetak dua gol untuk menjaga Valencia tetap berpeluang kembali ke Liga Champions musim depan melalui kemenangan 4-0 di Liga Spanyol atas tuan rumah Rayo Vallecano pada Minggu. Penyerang Spanyol itu mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-28, dan menggandakan keunggulan timnya melalui sepakan ringan dari operan Andres Guardado pada menit ke-34, sehingga pada musim ini ia telah membukukan 21 gol liga.

Gelandang Meksiko Guardado mencetak gol pada upaya kedua pada pertengahan babak kedua, dan setelah sepakan voli Sofiane Feghouli membentur tiang gawang, pemain pengganti asla Uruguay Nelson Haedo Valdez mengakhiri serangan balik untuk mencetak gol keempat timnya.

Valencia disingkirkan Paris Saint Germain di babak 16 besar kompetisi elit klub Eropa pada Maret, namun rasa lapar mereka untuk kembali ke Liga Champions telah memupuskan harapan Rayo yang menghuni peringkat kesepuluh untuk ke lolos ke Liga Europa. Valencia mendaki ke peringkat keempat dengan koleksi 59 angka dengan tiga pertandingan yang belum dimainkan, dan memimpin pada persaingan di Liga Spanyol untuk memperebutkan tiket fase grup Liga Champions musim depan.

Real Sociedad tergelincir ke peringkat kelima dengan 58 angka sebelum memainkan pertandingan kandang melawan Granada pada Senin.

Liga Europa
Pada pertarungan memperebutkan tiket Liga Europa Malaga, yang menjamu Sevilla pada Minggu malam, berada di peringkat keenam dengan 52 angka, unggul satu angka dan satu posisi atas Real Betis, yang mengalahkan tim yang terancam degradasi Celta Vigo dengan skor 1-0.

Tim-tim yang menghuni peringkat kelima sampai ketujuh di Liga Spanyol lolos ke Liga Europa. Betis memiliki dua usaha yang dibatalkan karena offside pada sepuluh menit pertama dan mereka harus menanti sampai menit ke-67 sebelum Ruben Castro menecetak gol kemenangan, sang penyerang mengambil kesempatan dari tergelincirnya pengawalnya untuk melepaskan tembakan yang masuk gawang Celta.

Celta berpikir mereka telah menyamakan kedudukan menjelang pertandingan usai namun gol itu dinyatakan offside, meski tayangan ulang memperlihatkan bahwa gol itu sah, dan tim asal Galicia yang menghuni peringkat ke-19 itu tetap berada di zona degradasi dengan 31 angka, tertinggal tiga angka dari Real Zaragoza di peringkat terakhir di zona aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya