SOLOPOS.COM - Lionel Messi dan Andres Iniesta memprotes keputusan wasit. (JIBI/REUTERS/Heino Kalis)

Liga Spanyol diwarnai dengan keputusan kontroversial wasit di laga Valencia vs Barcelona.

Solopos.com, VALENCIA – Barcelona gagal memetik kemenangan kala tandang ke markas Valencia dalam lanjutan Liga Spanyol. Blaugrana sebenarnya bisa saja menang, namun gol Lionel Messi justru dianulir wasit padahal sudah melewati garis gawang.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Mestalla, Senin (27/11/2017) dini hari WIB, kedua tim bermain imbang 1-1. Valencia unggul lebih dulu lewat gol Rodrigo di menit ke-60. Barca baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-82 lewat Jordi Alba.

Dalam sebuah kesempatan di babak pertama, Barca sebenarnya juga mencetak gol. Messi melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat ditangkap kiper Valencia, Neto. Namun, bola justru terlepas dan melewati garis gawang. Neto lantas langsung menepis bola tersebut.

Para pemain Barca pun tampak merayakan gol termasuk Messi. Namun wasit justru tak mengesahkan gol tersebut dan melanjutkan pertandingan. Sejumlah pemain Barca pun tampak protes, namun wasit tetap tak mengubah keputusannya.

Jordi Alba pun geram dengan keputusan wasit tersebut. Dia bahkan mendesak otoritas sepak bola Spanyol untuk menggunakan teknologi agar wasit tak membuat kesalahan. Teknologi yang dimaksud adalah Video Assistant Referee (VAR). Teknologi itu sendiri baru akan dipakai Liga Spanyol pada musim depan.

“Itu adalah kesalahan penting dari wasit. Bahkan saya bisa melihat bola masuk dari tengah lapangan,” ujar Alba seperti dilansir Espnfc.

“Kami menonton siaran ulangnya saat jeda dan itu jelas. Begitu jelas. Bisa jadi ada pelanggaran dan itu bisa diinterpretasikan berbeda, tapi momen-momen seperti ini harus dilihat. VAR adalah sesuatu yang akan membantu sepak bola [di Spanyol] dan akan menghentikan hal seperti ini terjadim,” sambungnya.

Hal senada diungkapkan oleh gelandang Barca, Sergio Busquets. Menurutnya kesalahan semacam itu takkan terjadi jika saja La Liga Spanyol sudah menggunakan teknologi VAR. “Tetap akan ada sejumlah hal yang tak bisa dilakukan VAR, tapi saya harap itu bisa membantu hal-hal seperti yang terjadi pada hari ini,” kata Busquets.

“Itu merupakan sebuah evolusi yang kami perlukan. Sesuatu yang kami butuhkan. Dan bukan cuma untuk gol ini. La Liga punya para pemain terbaik di dunia. Ini merupakan liga terbaik di dunia dan layak mendapat teknologi terbaik.”

“Bola [tembakan Messi] sudah melewati garis gawang tapi hakim garis maupun wasit tidak melihatnya sama sekali,” tutup Busquets.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya