SOLOPOS.COM - Dua striker Barcelona, Lionel Messi dan Neymar Jr. saat pertandingan kontra Athletic Bilbao, Sabtu (4/2/2017). (JIBI/Reuters/Albert Gea)

Liga Spanyol menyajikan Barcelona yang tampil impresif.

Solopos.com, BARCELONA – Lionel Messi mengungkapkan sisi positif yang dimiliki Barcelona setelah ditinggal Neymar. Bintan Barca itu menyebut timnya kini lebih tangguh saat bertahan.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Seperti diketahui, Neymar hengkang dari Barca pada musim panas 2017 ini ke Paris Saint Germain dengan memecahkan transfer dunia. Kepindahan Neymar itu penuh drama karena Barca tak ingin melepas, sementara si pemain bersikeras ingin pindah. Pada akhirnya, Neymar pindah dan Barca mencari penggantinya dengan mendatangkan Moussa Dembele dan Gerard Deulofeu.

Kehilangan Neymar sempat membuat Barca jeblok di awal. Mereka tumbang dari sang musuh bebuyutan, Real Madrid, saat berduel di Piala Super Spanyol. Saat itu, Barca yang baru diasuh Ernesto Valverde pun panen kritikan. Namun, mereka justru bangkit saat musim benar-benar dimulai.

Hingga pekan ke-12 Liga Spanyol, Barca belum terkalahkan dan kukuh di puncak klasemen sementara. Mereka mencatatkan 11 kemenangan dan sekali imbang. Selain garang di lini depan, mereka juga tercatat tangguh di lini belakang.

Terbukti, dari 12 laga yang sudah dijalani, gawang Barca cuma kebobolan empat kali. Jala mereka masing-masing digetarkan saat melawan Getafe, Eibar, Atletico Madrid, dan Sevilla. Menurut Messi, tangguhnya lini belakang ada imbas dari kepergian Neymar.

Pmain berjuluk La Pulga itu menjelaskan ketiadaan Neymar di lini depan membuat pelatih Ernesto Valverde bisa mengubah skema agar komposisi tim lebih seimbang. Hal itu lah yang berdampak pada bagusnya pertahanan mereka.

“Kepergian Neymar sudah membuat kami mengubah cara bermain. Kami kehilangan potensi yang amat besar di lini serang, namun hal tersebut juga membantu kami untuk fokus di sisi pertahanan,” kata Messi seperti dikutip dari Marca, Minggu (26/11/2017).

“Saat ini, kami jauh lebih kuat di lini tengah, kami bermain dengan lebih terorganisir dan hal tersebut membuat kami lebih kuat ketika bertahan,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya