Kategori: Sepak Bola

LIGA SPANYOL : Camp Nou Tak Lagi Angker?


Solopos.com/Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos

Liga Spanyol diwarnai dengan Barca yang belum maksimal di kandang.

Solopos.com, BARCELONA — Apakah Camp Nou sudah tidak angker lagi? Pernyataan itu mengemuka karena Barcelona memiliki catatan kurang menggembirakan pada laga kandang di Liga Primera musim ini.

Lionel Messi dkk. baru saja ditahan imbang 1-1 musuh bebuyutan mereka, Real Madrid, di Camp Nou, Barcelona, Sabtu (3/12/2016) malam WIB. Itu menambah rentetan kurang apik Barca di Camp Nou musim ini. Padahal, Barca sempat mempimpin lewat gol Luis Suarez pada menit ke-53. Tapi mereka tak bisa mempertahankan keunggulan itu setelah Sergio Ramos mencetak gol penyama di menit terakhir pertandingan.

Los Blaugrana, julukan Barcelona, kehilangan sembilan poin dalam 21 poin yang bisa mereka dapatkan di Camp Nou. Hanya tiga kemenangan yang mereka rebut dalam tujuh laga home di Liga Primera 2016/2017. Itu menjadikan Barca sampai terpaut enam poin dari Madrid yang menempati puncak klasemen sementara.

“Mulai sekarang, ada pemimpin klasemen yang solid tanpa terselip di beberapa laga. Mereka bisa terus memperbanyak poin,” kata striker Barcelona, Luis Suarez, seperti dilansir Worldsoccertalk.com.

“Satu-satunya cara kami untuk membalikkan situasi ini yakni dengan memenangi  laga tersisa dan terus memberi tekanan kepada mereka. Kami harus meningkatkan diri, terutama pada laga-laga kandang,” imbuhnya.

Catatan kurang menggembirakan Barca di Camp Nou menjadi sorotan media pendukung Madrid, Marca. Mereka menuliskan judul The Camp No, pelesetan dari Camp Nou, sebagai sindiran beberapa kelengahan Barca di laga kandang.

Meski demikian, perlu diakui Barca sebenarnya unggul dalam beberapa hal pada duel el clasico di Camp Nou kemarin. Salah satunya penguasaan bola. Statistik menunjukkan Sergio Busquets dkk. mencaplok 55 persen ball possession, berbanding 45 persen dari tim polesan Zinedine Zidane.

“Saya pikir kami mengontrol pertandingan, kami tidak menderita dalam transisi Real Madrid. Ada dua peluang bersih dari Leo [sapaan Lionel Messi] dan Neymar, namun kita tidak bisa bicara keadilan di lapangan sepak bola. Ini semua tentang mencetak gol,” jelas Pelatih Barcelona, Luis Enrique.

Pendukung Barca yang memenuhi Camp Nou pun harus menelan kekecewaan karena tim kesayangan mereka batal menang. Bukan itu saja, fans Los Blaugrana juga terancam terkena sanksi karena menyanyikan lagu bernada homophobic yang ditujukan kepada bintang Madrid, Cristiano Ronaldo.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi