Kategori: Sepak Bola

LIGA SPANYOL 2015/2016 : El Clasico: Trio BBC Tumpul, Madrid Hancur Lebur di Bernabeu


Solopos.com/JIBI/Solopos/Newswire

Liga Spanyol 2015/2016 menyajikan kemenangan Barcelona atas Real Madrid.

Solopos.com, MADRID – Barcelona sukses mempermalukan musuh bebuyutannya, Real Madrid, dalam duel El Clasico di Santiago Bernabeu, Minggu (22/11/2015) dini hari WIB. Barcelona menang 0-4 atas sang tuan rumah.

Madrid tampil dengan skuat utama dengan memainkan trio BBC (Karim Benzema-Gareth Bale-Cristiano Ronaldo) di lini depan. Begitu juga James Rodriguez yang diturunkan sedari awal. Sementara dari kubu Barca, Ivan Rakitic, yang sempat diragukan tampil, masuk starting XI. Sedangkan Lionel Messi, yang sempat dibekap cedera lutut namun sudah berlatih pekan ini, tidak masuk starting XI dan hanya duduk di bench.

Sepeti dilansir Detik.com, Pertandingan berlangsung cepat sejak kick-off dengan Madrid lebih dulu menekan pertahanan Barca. Namun, beberapa kali tekanan mereka tidak membuahkan hasil. Sebaliknya, Barca mendapatkan peluang bagus ketika Neymar dan Luis Suarez bekerja sama di depan kotak penalti Madrid. Operan Suarez diselesaikan Neymar lewat sebuah sepakan, namun sepakannya masih belum menemui sasaran.

Baru di menit ke-10, Barcelona membuka keran golnya melalui Luis Suarez. Bermula dari tusukan Sergi Roberto dari sisi kanan, kemudian bergerak ke tengah sebelum melepaskan umpan terobosan kepada Suarez yang bergerak di sisi kanan. Dari sepakan Suarez, Barca pun unggul 1-0 atas Madrid.

Madrid berusaha pelan-pelan membangun serangan. Namun, tiap kali mereka kehilangan bola di sepertiga akhir lapangan, Barca langsung membalasnya lewat serangan balik cepat. Barca akhirnya memimpin 2-0 pada menit ke-39.

Sama seperti gol pertama, mereka menerobos pertahanan Madrid dengan menggunakan umpan terobosan. Kali ini, umpan terobosan Iniesta diterima oleh Neymar. Dari umpan terobosan tersebut, Suarez tampak berdiri dalam posisi offside, namun hakim garis menilai Neymar berdiri sejajar dengan Sergio Ramos. Dengan tenang, Neymar pun menceploskan bola ke dalam gawang Keylor Navas.

Di awal-awal babak kedua, Madrid mendapatkan peluang emas lebih dulu. Berawal dari tusukan Marcelo di sisi kiri, serangan diselesaikan bek asal Brasil tersebut dengan sepakan keras kaki kiri. Namun, sepakannya masih menyamping di sebelah tiang dekat.

Namun, Barcelona kembali berhasil menambah keunggulan. Kali ini giliran kapten Andres Iniesta yang mencetak gol pada menit ke-53. Gol ini lahir berkat kerjasama Iniesta dengan Neymar.

Setelah unggul 3-0, barulah pelatih Barca, Luis Enrique, memasukkan Lionel Messi. Bintang asal Argentina itu masuk pada menit ke-57 menggantikan Ivan Rakitic.

Pada menit ke-64, Madrid gantian mendapatkan peluang. Umpan silang dari sisi kanan diterima oleh Cristiano Ronaldo di dalam kotak penalti. Ronaldo lantas melepaskan sepakan keras dari jarak dekat. Namun, sepakannya masih bisa dihalau Claudio Bravo.

Suarez akhirnya memperbesar keunggulan Barca menjadi 4-0 pada menit ke-73. Sama seperti dua gol pertama Barca, gol keempat ini juga tercipta lewat umpan terobosan. Suarez lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan dengan Keylor Navas. Lewat sepakan kaki kanan, ia menaklukkan kiper asal Kosta Rika itu.

Sudah tertinggal 0-4, Madrid juga harus bermain dengan 10 orang. Pada menit ke-84, Isco ]yang baru masuk di babak kedua, melakukan pelanggaran keras terhadap Neymar. Berniat menghentikan Neymar, Isco malah menendang kaki pemain asal Brasil itu. Wasit pun megusir Isco keluar lapangan. Skor 0-4 untuk Barca pun bertahan hingga laga usai.

Berkat hasil tersebut, Barca kian kokoh di puncak dengan koleksi 30 poin. Mereka unggul enam poin atas Madrid yang berada di urutan kedua.

Susunan pemain Real Madrid vs Barcelona

Real Madrid: Navas, Danilo, Varane, Ramos, Marcelo (Carvajal 59), Kroos, Modric, James (Isco 55), Bale, Ronaldo, Benzema.

Barcelona: Bravo, Alves, Pique, Mascherano (Mathieu 27), Alba, Busquets, Rakitic (Messi 57), Iniesta (Munir 77), Sergi Roberto, Suarez, Neymar.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi