Kategori: Sepak Bola

LIGA SPANYOL 2015/2016 : Data dan Fakta El Clasico dalam Angka


Solopos.com/Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com

Liga Spanyol 2015/2016 akan menyajikan duel Barcelona melawan Real Madrid.

Solopos.com, SOLO – Partai akbar El Clasico jilid kedua musim ini bakal tersaji akhir pekan nanti. Barcelona akan menjadi tuan rumah dalam lanjutan pekan ke-31 Liga Spanyol 2015/2016 tersebut.

Duel Barca kontra Madrid memang selalu panas. Terkadang terjadi kejutan-kejutan seperti banyaknya kartu yang dikeluarkan wasit hingga skor telak. Pada pertemuan pertama musim ini, Madrid harus mengakui keunggulan Barca empat gol tanpa balas di Santiago Bernabeu.

Tapi saat itu, Madrid masih ditangani Rafael Benitez. Kini Madrid sudah ditangani Zinedine Zidane yang merupakan mantan pemainnya. Begitu juga dengan Barca yang ditangani Luis Enrique, mantan pemainnya, sejak musim lalu.

Berikut data dan fakta El Clasico dalam angka menurut catata Opta yang dilansir Soccerway, Selasa (29/3/2016):

0 - Barca belum pernah menang sekalipun dari Madrid saat mereka unggul 10 poin atau lebih dari rival abadinya itu. Barca seri sekali dan dua kali menelan kekalahan. Sebelum laga El Clasico jilid kedua ini Barca unggul 10 poin dari Los Blancos di papan klasemen.

1 - Barca hanya kalah sekali dari tujuh pertandingan terakhir mereka melawan Madrid di Camp Nou. Kekalahan itu terjadi pada 2012 silam saat Blaugrana takluk 1-2. Satu laga berakhir imbang dan lima laga lainnya berhasil dimenangkan Barca.

3,22 - Dalam 171 pertandingan antara keduanya, rata-rata gol adalah lebih dari tiga. Walaupun skor yang paling umum terjadi adalah 2-1 untuk Real Madrid yang telah terjadi 18 kali.

4 - Empat lartu merah terakhir dalam laga El Clasico diberikan kepada pemain Madrid.

Luis Enrique vs Zinedine Zidane

1 - Pertemuan El Clasico akhir pekan nanti akan menjadi pertemuan pertama Luis Enrique dan Zinedine Zidane sebagai pelatih. Bagi Zidane ini merupakan El Clasico pertama baginya sebagai pelatih.

2 - Zidane mencetak tiga gol melawan Barca di semua kompetisi selama menjadi pemain Madrid. Dua dari gol itu terjadi ketika Barca masih diperkuat Enrique.

5 - Enrique dan Zidane telah bertemu lima kali di semua kompetisi selama karier profesional mereka sebagai pesepak bola. Mereka sama-sama mengantongi satu kemenangan dan tiga laga lainnya berakhir imbang.

Trio MSN vs Trio BBC

14- Lionel Messi telah mencetak 14 gol dalam 19 pertandingan La Liga Spanyol melawan Madrid. Angka itu lebih banyak dua kali lipat dibanding torehan Cristiano Ronaldo. Tapi CR7 memainkan enam pertandingan lebih sedikit ketimbang MEssi di El Clasico.

20 - Messi, Suarez, dan Neymar telah mencetak total 20 gol di La Liga melawan Madrid. Sedangkan gareth Bale, Karim Benzema, dan Ronaldo hanya berhasil mencetak 12 gol. Bahkan Bale belum mencetak satu gol pun ke gawang Barca.

38 - Suarez telah terlibat dalam 38 gol Barca di La Liga musim ini dengan rincian 26 gol dan 12 assist. Sementara Ronaldo menjadi pemain yang paling berkontribusi bagi Madrid di La Liga musim ini dengan 28 gol dan sembilan assist.

Share