SOLOPOS.COM - Pemain kesebelasan Wali Songo Sragen (hitam) berusaha menembus pertahanan Al Mashur Klaten (kuning) dalam final Liga Santri Nusantara 2016 region Jawa tengah III di Lapangan Kottabarat, Solo, Selasa (30/8). Wali Songo akhirnya unggul dengan skor 6-0. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Liga Santri Nusantara diikuti Wlisongo Sragen.

Solopos.com, SOLO — Pondok Pesantren (PP) Walisongo Sragen berhasil meloloskan diri ke ajang Liga Santri Nusantara (LSN) 2016 tingkat nasional. Walisongo akan mulai berjuang di babak 32 besar yang digelar di Yogyakarta pada 21 Oktober 2016 mendatang. Namun demikian, faktor cuaca yang kurang bersahabat sedikit mengganggu persiapan mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Walisongo menggeber latihan tiga kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu, dan Jumat. Selain itu, berbagai perbaikan juga dilakukan mulai dari kerja sama antarpemain, adu taktik, hingga kondisi fisik. Namun demikian, program ini tak berjalan dengan maksimal karena hujan deras yang kerap mengguyur di sore hari.

“Cuaca yang kurang bagus membikin anak-anak tak bisa berlatih secara maksimal. Latihan pagi tidak bisa karena anak-anak sekolah. Maka dari itu, setiap ada waktu luang kami pergunakan,” papar Manajer Walisongo Sragen, Mustawa, kepada Solopos.com, Kamis (13/10/2016).

Selain fokus pada strategi pola permainan tim, ia juga membenahi mental, yakni pembentukan kepercayaan diri masing-masing pemain. Terlebih Walisongo buta dengan kekuatan tim kontestan Grup H. Walisongo Sragen, berada di Grup H bersama sejumlah tim lain, seperti PP. Mintul FC Konawe Selatan (Sulawesi II), PP Al-Huda Al-Musri Cianjur  (Jawa  Barat IV), dan PP Darul Ulum Margoyoso  Tanggamus (Sumatera V).

“Selama mental bagus, saya yakin anak-anak akan tahan banting dan siap menunjukan kemampuan terbaik,” imbuhnya.

Di samping cuaca, kendala lain adalah adanya ujian sekolah. Sejumlah pemain absen berlatih karena  menjalani ujian mid semester. Selain itu, 80% tim adalah pemain lama. Musim lalu Walisongo sukses menembus babak delapan besar level nasional. Kini mereka bertekad bisa meloloskan diri hingga ke final.

Walisongo melenggang ke LSN nasional setelah menundukkan PP Sabilillah di final Regional Jateng III dengan skor 1-0 di Lapangan Kota Barat Solo, awal September lalu. Ini merupakan kali kedua Walisongo maju ke LSN seri nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya