Liga Premier Inggris Batal Membuka Stadion untuk Penonton Bulan Depan
Pertandingan pekan ke-23 Liga Premier Inggris 2019-2020 antara Liverpool dan Manchester United di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (19/1/2020) malam WIB. (Reuters-Phil Noble)

Solopos.com, LONDON — Para penonton setia Liga Inggris harus menunggu lebih lama untuk menyaksikan langsung tim idolanya tampil dari stadion.

Hal itu menyusul kembali meningkatnya angka penularan Covid-19 di Negeri Ratu Elizabeth belakangan ini. Padahal otoritas berencana membuka Liga Premier Inggris untuk penonton mulai awal Oktober atau pekan keempat kompetisi.

Pelatih West Ham United, David Moyes, dan dua pemainnya masuk dalam beberapa kasus terakhir positif corona di Inggris. Moyes pun tak bisa mendampingi tim saat The Hammers membekuk Hull City dengan skor 5-3 di Piala Liga, Rabu (23/9/2020) dini hari WIB.

Waduh! Tukang Becak Positif Covid-19 di Tegal Nekat Cari Penumpang, Tetangga Ngungsi

Awal pekan ini ada kabar pandemi Covid-19 kian mengkhawatirkan dengan 394.357 kasus, 41.777 di antaranya meninggal dunia. Pemerintah Inggris pun memutuskan enam olahraga yang mengundang keramaian, salah satunya sepak bola, masih harus tertutup untuk penonton. Pemerintah merasa belum ada formula yang benar-benar aman bagi suporter untuk menonton laga di stadion.

“Sementara kami ingin menghentikan rencana itu dulu. Kami ingin memastikan para penonton bisa datang lagi ke stadion ketika kondisinya sudah memungkinkan,” ujar Sekretaris Kabinet, Michael Gove, dilansir BBC, Rabu (23/9/2020).

Dibantu Pemerintah

Pembatalan juga dikonfirmasi Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Dia juga berjanji pemerintah akan membantu tim-tim olahraga yang kesulitan keuangan karena pembatasan itu. Kebijakan membuka stadion untuk penonton sejatinya menjadi kabar baik mengingat fans tak bisa menghadiri laga sejak Maret 2020 lalu.

Kerahkan Ratusan Orang, 8 Ton Sampah Berhasil Diangkat dari Sungai Mijahan Sragen

Kali terakhir ada pertandingan dihelat di Inggris adalah saat Liverpool bertemu Atletico Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions. Laga itu kemudian yang dianggap jadi bom waktu penularan Covid-19 di negara tersebut.

Liga Premier Inggris sempat melakukan uji coba dengan mendatangkan sekitar 2.500 fans saat Chelsea bertemu Brighton pada laga persahabatan di Amex Stadium beberapa pekan lalu. Itu jadi tahap awal uji coba pembukaan stadion sebelum rencana itu akhirnya ditunda.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom