Tutup Iklan

LIGA JERMAN : RB Leipzig, dari Divisi V Jadi Penantang Dominasi Bayern

LIGA JERMAN : RB Leipzig, dari Divisi V Jadi Penantang Dominasi Bayern

SOLOPOS.COM - Para pemain RB Leipzig saat merayakan kemenangan. (REUTERS/Stefanie Loos)

Liga Jerman diwarnai dengan kejutan RB Leipzig.

Solopos.com, LEIPZIG – Para penikmat sepak bola mungkin dibuat tercengang saat menyimak klasemen sementara Bundesliga beberapa pekan terakhir. Di bawah Bayern Munchen yang kukuh di puncak klasemen, tak ada nama Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen atau Wolfsburg yang biasa membayangi Arjen Robben dkk. Yang ada justru nama Rasen Ballsport (RB) Leipzig.

Hingga pekan kesembilan Bundesliga, tim asuhan Ralph Hasenhuttl itu menempel Bayern di posisi kedua dengan jarak hanya dua poin. Kemenangan atas Darmstadt 2-0 Sabtu (29/10/2016) lalu membuat Leipzig tak terkalahkan dalam sembilan laga awal Bundesliga. Hanya Munchen yang mampu menyamai rekor itu musim ini. Leipzig bahkan hanya butuh dua laga lagi untuk menjadi tim promosi dengan start terbaik di Bundesliga.

Jika waktu diputar beberapa tahun ke belakang, mungkin tak ada yang mengenal RB Leipzig. Klub yang bermarkas di Red Bull Arena itu baru berdiri tahun 2009 dan memulai kompetisi dari divisi lima Liga Jerman. Namun hanya dalam waktu tujuh tahun Leipzig mampu melompat ke kasta tertinggi sepak bola Jerman.

Beberapa klub tradisional Bundesliga seperti Dortmund, Borussia Moncengladbach, Wolfsburg hingga Hamburg pernah merasakan dipermalukan Emile Forsberg dkk. Hamburg bahkan dicukur empat gol tanpa belas di pekan ketiga. Terbaru, Leipzig menyapu bersih kemenangan di empat pertandingan terakhir.

[Baca: Leipzig Lanjutkan Kejutan Bundesliga]

Bek Bayern Munchen, Mats Hummels, menilai kiprah Leipzig dapat merepotkan Munchen musim ini. Meski tak memiliki pemain bintang yang menonjol, Leipzig punya kekompakan dan kedalaman skuat. “Mereka bisa menyulitkan kami,” ujarnya kepada Bild. Hummels memperkirakan Die Roten Bullen, julukan Leipzig, dapat finis minimal di enam besar.

Direktur Olahraga Leipzig, Ralf Rangnick, mengaku sangat terkesan dengan performa tim yang musim lalu berada di posisi kedua Bundesliga 2. Meski demikian Rangnick enggan jemawa. “Kami berada di sini untuk bertahan dan berkompetisi dengan tim-tim terbaik Jerman. Apa yang telah dilakukan tim sangat indah,” ujarnya seperti dilansir Bundesliga.com.

Sadar tak punya pemain mentereng seperti Munchen atau Dortmund, pelatih Leipzig, Ralph Hassenhuttl, menginstruksikan pemain untuk bekerja keras di setiap pertandingan. “Pendekatan utama saya adalah agar pemain menyatu dengan bola,” ujarnya.

Meski meraih hasil positif di awal musim, pelatih asal Austria ini memilih merendah. “Target utama kami mampu bertahan di Bundesliga.”

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Positif Covid-19 Bertambah, 2 Kampung di Kerten Gantiwarno Klaten Lanjut Karantina Wilayah

Dua kampung di Kerten, Gantiwarno, Klaten, lanjut karantina wilayah karena jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah itu bertambah.

Keren! Film Animasi Nussa Bakal Tayang di Korea Selatan

Film animasi Nussa ini awalnya tayang di YouTube setiap pekan, lalu diangkat ke layar lebar.

Tak Sekadar Viral, ShopeePay Talk Bagikan Rahasia Ubah Tren Jadi Bisnis Kompeten

ShopeePay bersama Bittersweet By Najla, PVRA dan Komunitas Tangan Di Atas bagikan tips pertahankan bisnis di tengah berbagai tren kekinian.

Dialog Interaktif DPRD Jawa Tengah: Salat Id Dan Penyembelihan Hewan Kurban Harus Taat Prokes!

Warga Jawa Tengah diminta menerapkan protokol kesehatan saat Salat Iduladha maupun penyembelihan hewan kurban menyusul tingginya kasus corona

KPPOD Dukung Revisi UU Perimbangan Keuangan dan Pajak Daerah

Pemerintah daerah masih kesulitan dalam mengoptimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Terutama yang berasal dari pajak dan retribusi daerah.

Honda Hadirkan N7X di Semarang, Begini Tampilannya

Setelah tampil di Kota Bandung pada pekan lalu, kini Honda N7X Concept hadir di Hall A, DP Mall, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) selama tiga hari.

Kasus Covid-19 Klaten Meledak Hingga 125 Orang Sehari, Terbanyak Gantiwarno

Penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten meledak sebanyak 125 kasus dalam sehari pada Jumat (18/6/2021).

Ini Perbedaan Gejala Virus Corona Varian Alpha, Beta dan Delta

Tiga varian corona yang saat ini sudah dikenal dunia memiliki gejala yang sedikit berbeda.

Prediksi Swedia Vs Slovakia: Potensi Kejutan Si Kuda Hitam

Laga Swedia kontra Slovakia ini diprediksi berlangsung ketat karena kedua tim punya modal bagus dari pertandingan pertama.

Ini Identitas 11 Penumpang Bus Sumber Selamat yang Luka

Bus Sumber Selamat dari arah timur menghindari truk peti kemas yang melintang di jalan akhrinya terguling ke sisi kiri jalan.

Waduh! Puluhan Dosen Dan Mahasiswa UNS Solo Terpapar Covid-19

Puluhan dosen dan mahasiswa UNS Solo terkonfirmasi positif Covid-19, ada yang isolasi mandidri ada juga yang dirawat di rumah sakit.