SOLOPOS.COM - Borussia Dortmund vs FC Bayern Munchen (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Liga Jerman menyajikan kekalahan Bayern Munchen dari Borussia Dortmund.

Solopos.com, DORTMUND — Sudah jatuh tertimpa tangga. Ungkapan ini agaknya pas bagi Bayern Munchen usai dikalahkan Borussia Dortmund 0-1 di Signal Iduna Park, Minggu (20/11) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain kalah dari musuh bebuyutan dalam laga bertajuk Der Klassiker, Bayern harus merelakan posisi puncak mereka diambil tim promosi RasenBallsport (RB) Leipzig. Sebuah aib yang mungkin tidak dibayangkan The Bavarians, julukan Bayern, di awal musim ini.

Striker Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, sukses mencoreng muka Philipp Lahm dkk. lewat golnya di menit ke-11. Striker berkebangsaan Gabon itu meneruskan umpan silang mendatar Mario Gotze untuk menaklukkan kiper Manuel Neuer. Hasil tersebut membuat Dortmund kembali diperhitungkan di pacuan juara Bundesliga setelah sempat tercecer di awal kompetisi. Die Borussen kini melesat ke posisi ketiga dengan 21 poin, berjarak enam poin dari Leipzig di puncak klasemen.

Sebaliknya, laga di Signal Iduna Park membuat Bayern menelan kekalahan perdana di Bundesliga Jerman musim ini. Hasil buruk di kandang Dortmund seperti menjadi puncak rentetan performa buruk The Bavarians di sejumlah laga terakhir Bundesliga. Sebelumnya Robert Lewandowksi dkk ditahan Hoffenheim 1-1 di kandang, Allianz Arena.

Mandulnya striker Thomas Muller agaknya menjadi salah satu penyebab inkonsistensi Bayern musim ini. Hingga pekan ke-11, Muller belum sekalipun mencatatkan nama di papan skor. Bandingkan dengan musim lalu di mana sang pemain mampu melesakkan 32 gol dari 49 penampilannya bersama Die Roten.

Bek Bayern, Philipp Lahm, menilai timnya tak bisa mengoptimalkan peluang sehingga harus menyerah atas Dortmund. “Namun kekalahan kami bagus untuk kompetisi liga (persaingan semakin ketat),” ujarnya seperti dilansir Bundesliga.com, Minggu.

Sementara itu Aubameyang menyambut emosional kemenangan atas rival terberat, Munich. Striker yang sempat diskors klub karena berpesta jelang laga Liga Champions ini telah mencetak 12 gol dan menjadi top skorer liga bersama striker Koeln, Anthony Modeste. “Babak kedua sangat gila. Kami bertarung keras dan dukungan fans membantu kami.”

CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menyebut kemenangan atas Munich menjadi bukti bahwa Dortmund bisa mengalahkan klub manapun di Bundesliga. “Skuat kami memiliki kapabilitas untuk mengalahkan semua kompetitor,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya