SOLOPOS.COM - Gianluigi Buffon saat menepis bola dari tendangan penalti. (JIBI/REUTERS/Stefano Rellandini)

Liga Italia diwarai dengan kemenangan Juventus atas Cagliari.

Solopos.com, TURIN — Trio striker Gonzalo Higuain, Paulo Dybala dan Mario Mandzukic menjadi bintang lewat masing-masing golnya saat Juventus membantai Cagliari 3-0 di J-Stadium, Minggu (20/8) dini hari WIB. Namun jika dicermati, pahlawan sebenarnya Juve di laga itu justru kiper mereka. Gianluigi Buffon.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kok bisa Buffon? Cagliari bahkan hanya mengemas satu tembakan tepat sasaran di laga pembuka Seri-A tersebut. Namun satu-satunya penyelamatan Buffon memang amat krusial untuk menjaga timnya di trek kemenangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Di menit ke-39 Bianconeri dihukum penalti setelah Alex Sandro menjatuhkan Duje Cop di kotak terlarang. Gol penalti berarti membuat Cagliari menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sebelumnya Juve unggul lebih dulu di menit k-12 lewat Mandzukic.

Di momen krusial itu, Buffon menunjukkan kualitasnya dengan menepis tembakan keras eksekutor tim tamu, Diego Farias. Juve pun tetap unggul 1-0. Setelah penyelamatan itu tuan rumah makin percaya diri hingga akhirnya menambah gol melalui Dybala di injury time babak pertama dan Higuain di menit ke-66.

“Buffon selalu jadi kiper nomor satu. Dia membawa kami keluar dari situasi sulit,” puji Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, seperti dilansir Football Italia, Minggu.

Allegri cukup puas karena timnya tak banyak membuat kesalahan seperti saat ditaklukkan Lazio di Coppa Italia. Nyonya Tua bahkan bisa unggul 4-0 andai tembakan Dybala di babak kedua tak mengenai tiang gawang.

Di laga itu Juve mulai menurunkan rekrutan anyarnya Blaise Matuidi. Eks gelandang Paris Saint Germain ini bermain 19 menit setelah menggantikan Higuain.  Matuidi bisa menjadi penambah kedalaman skuat di laga mendatang. “Para pemain sudah menerjemahkan pertandingan dengan baik. Saya senang,” tambah Allegri.

Kemenangan besar ini pun menambah kepercayaan diri Nyonya Tua untuk mempertahankan gelar scudetto. Sebab di waktu yang sama Napoli juga meraih hasil impresif dengan membekuk Hellas Verona 3-1. Seusai laga, Dybala turut berterimakasih pada Buffon yang sukses menggagalkan penalti.

“Kami memulai dengan sedikit goyah, tapi saat kami membuka skor, permainan sesuai jalurnya. Terima kasih pada Buffon. Kami jadi bisa berkonsentrasi di sisa pertandingan,” ucapnya kepada Sky Sports.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya