Tutup Iklan
AC Milan vs Inter Milan (Reuters-Daniele Mascolo)

Solopos.com, NAPLES - Adrenalin suporter empat tim di Seri-A, Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma bakal meningkat pada giornata penutup musim ini yang digelar serentak, Minggu (26/5/2019). Keempat tim tersebut bakal menentukan nasib lolos atau tidak ke Liga Champions musim depan.

Atalanta, Inter, Milan, dan Roma bersaing sengit memperebutkan dua slot terakhir di zona big four Seri-A, di bawah Juventus dan Napoli yang sudah jauh-jauh hari mengunci tiket Liga Champions 2019/2020. Gap yang tipis di antara empat tim tersebut membuat konfigurasi di klasemen Seri-A masih bisa berubah pada giornata penutup.

Saat ini, Atalanta dan Inter memimpin perebutan zona empat besar. Namun kegagalan Atalanta dan Inter memetik kemenangan pada giornata ke-37, Senin (20/5/2019) dini hari WIB, kembali membuka asa Milan dan Roma menyodok ke empat besar pada "tikungan" terakhir musim ini.

Atalanta ditahan Juventus 1-1 di Allianz Stadium. Hasil itu sangat disayangkan, sebab tim berjuluk La Dea (Sang Dewi) tersebut sempat unggul lewat gol Josip Ilicic pada menit ke-33. Tapi, Juve rupanya tidak mau menodai pesta perayaan scudetto mereka di Allianz Stadium dengan mencetak gol balasan yang disumbang Mario Mandzukic pada menit ke-80.

Inter mengalami nasib lebih tragis. Nerazzurri, julukan Inter, keok 1-4 di markas Napoli, Stadion San Paolo. Gawang Inter yang dikawal Samir Handanovic secara beruntun dikoyak gol Piotr Zienlinski dan Dries Mertens, plus dua gol dari Fabian Ruiz. Ironisnya, pasukan Luciano Spalletti ini hanya mampu membalas dengan sebiji gol Mauro Icardi. Itu pun dari titik penalti.

Inter pun melorot ke peringkat keempat, dengan mengoleksi poin yang sama dengan Atalanta yang naik ke undakan ketiga klasemen sementara. Nerazzurri berada di belakang Atalanta karena kalah head-to-head dengan tim besutan Gasperini tersebut.

Mauro Icardi dkk. pantas cemas. Mereka hanya unggul sebiji poin di atas Milan yang menaklukkan Frosinone 2-0 dan tiga poin atas AS Roma bermain 0-0 di kandang Sassuolo, Minggu (19/5/2019) WIB. Apalagi, pertandingan penutup musim milik Inter di Seri-A terbilang tidak mudah. Mereka akan menjamu Empoli yang membutuhkan kemenangan agar lolos dari zona degradasi.

Namun Spalletti bisa percaya diri jika menengok pencapaian timnya musim lalu. Saat itu, nasib Inter ke Liga Champions juga ditentukan pada pekan terakhir. Bahkan, mereka harus mengalahkan rival langsung diperebutkan zona empat besar, Lazio. Hasilnya, Nerazzurri menang dramatis dengan skor 3-2 dan berhak melenggang ke turnamen antarklub paling prestisius di Eropa tersebut.

"Kami melihat ini [melawan Empoli] akan jadi laga fundamental, ini hidup-mati, dan kami harus tunjukkan karakter, ketajaman, kepala dingin, dan kualitas yang mempresentasikan sebuah tim dari Milan dan harus bisa kembali ke Liga Champions. Itu yang harus Anda lakukan jika Anda bermain untuk klub sebesar ini [Inter]," ujar Spalletti.

Sementara itu, Atalanta, Milan, dan Roma akan sama-sama menghadapi tim papan tengah pada giornata penutup nanti. Atalanta menjampu Sassuolo, sedangkan Milan melawat ke markas SPAL. Roma, yang memiliki peluang paling tipis ke Liga Champions dibandingkan tiga tim lainnya, akan bertamu ke kandang Parma. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten