Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Solopos.com, JAKARTA — Juventus mendapat lawan relatif mudah di giornata pertama Serie A 2014/2015. Sementara AS Roma sudah langsung mendapat tantangan dari Fiorentina.

Liga Italia Serie A musim 2014/2015 akan bergulir akhir pekan ini. Juve, Roma, dan Napoli diprediksi masih akan terlibat dalam persaingan scudetto. Sementara Fiorentina serta duo Milan bukan tidak mungkin juga bisa ikut mengganggu persaingan di papan atas.

Sang juara bertahan Juve mengawali liga dengan menghadapi tim yang relatif ringan. Bianconeri akan melawat ke markas Chievo, Stadio Marc'Antonio Bentegodi, Sabtu (30/8/2014) malam WIB.

Laga ini sekaligus akan menandai dimulainya era Massimiliano Allegri di Juve. Eks pelatih Milan itu tentu mengincar start bagus demi meneruskan dominasi Juve yang sudah dibangun Antonio Conte dalam tiga musim terakhir.

Namun meski mendapat lawan yang di atas kertas tak lebih diunggulkan, Juve justru dihadapkan pada masalah absennya sejumlah pemain. Lini belakang paling menjadi perhatian sebab Juve kehilangan Andrea Barzagli yang cedera serta Giorgio Chiellini yang terkena hukuman larangan bermain.

Allegri juga belum bisa menurunkan Alvaro Morata dan Arturo Vidal. Masalah cedera pemain Juve kemudian ditambah oleh Andrea Pirlo yang mengalami masalah pada pinggulnya dan harus menepi selama satu bulan.

Kendati demikian, Chievo seharusnya tak jadi masalah besar untuk Juve. La Vecchia Signora punya catatan bagus kala berhadapan dengan Chievo. Mereka tak pernah kalah di delapan pertemuan terakhir di Serie A dan memenangi empat pertandingan di antaranya.

Dari pertandingan lainnya, Roma yang merupakan runner-up musim lalu akan mengawali langkahnya dengan menjamu Fiorentina di Stadio Olimpico, Minggu (31/8/2014) dinihari WIB.

Meski Roma lebih unggul dalam dua musim terakhir, namun Fiorentina selalu menyulitkan. Hal itu setidaknya terlihat dari skor tipis yang menjadi hasil akhir laga antara kedua tim ini dalam lima pertemuan terakhir.

Dari kelima laga itu, Roma memang menyapu bersih kemenangan. Namun dari kemenangan-kemenangan itu, empat kali diraih dengan selish satu gol dan hanya sekali I Lupi unggul dua gol.

Seperti Juve, Roma juga tengah dihadapkan pada masalah di lini belakang. I Lupi jelas sudah kehilangan Mehdi Benatia yang di musim lalu jadi tembok kokoh pertahanan. Sementara Leandro Castan masih diragukan tampil karena cedera. Untuk laga ini, bukan tidak mungkin Rudi Garcia akan langsung menduetkan dua pemain anyar, Kostas Manolas dan Davide Astori, di jantung pertahanan.

Dari kota Milan, era Filippo Inzaghi di Rossoneri akan ditandai dengan laga melawan Lazio. Start bagus mutlak diperlukan oleh Riccardo Montolivo dkk. demi menghapus keraguan menyusul hasil buruk yang didapat selama pramusim.

Sementara itu, Inter Milan akan mengunjungi markas Torino di giornata pertama. Nerazzurri mendapat modal bagus lewat kemenangan telak yang dibukukan atas Stjarnan di palyoff Liga Eruopa. Selain itu, Inter juga tercatat tak pernah kalah dari Torino dalam 20 tahun terakhir.

Dari pertandingan lainnya, Napoli akan menyambangi kandang Genoa di pekan pertama. Selain mengincar tiga angka demi start bagus, kemenangan juga penting bagi Marek Hamsik dkk. demi memulihkan kepercayaan diri setelah gagal lolos ke fase grup Liga Champions.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten