SOLOPOS.COM - Pelatih Crystal Palace, Sam Allardyce. (JIBI/Reuters / Tony O'Brien)

Liga Inggris diwarnai dengan Crystal Palace yang lolos dari degradasi.

Solopos.com, LONDON — Sam Allardyce memang pantas dijuluki spesialis penyelamat degradasi. Setelah musim lalu menyelamatkan Sunderland, pelatih berusia 62 tahun tersebut kali ini mengamankan Crystal Palace terdegradasi ke kasta kedua Championship.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepastian itu diperoleh dengan cara brilian. Palace tanpa ampun membungkam Hull City dengan skor telak 4-0 di Selhurst Park, Minggu (14/5/2017). Hasil ini sekaligus memastikan Hull terdegradasi ke Championship musim depan. The Tigers, julukan Hull, menyusul Sunderland dan Middlesbrough yang sudah dipastikan terdegradasi dari Liga Inggris.

Big Sam, sapaan Sam Allardyce, memang memiliki rekor fantastis. Meski kerap menangani tim-tim papan bawah, eks pelatih Timnas Inggris itu belum pernah merasakan terdegrasi dalam menangani klub-klub Liga Premier Inggris.

Setelah membawa Bolton promosi ke kasta tertinggi pada 2001, Big Sam mempertahankan tim ini selama enam kali Liga Inggris. Selain itu, Big Sam juga menyelamatkan Blackbur Rovers pada 2008/2009 dan Sunderland pada 2015/2016. Menariknya, setelah tim tersebut tidak ditangani Big Sam, mereka seolah terkena karma. Seperti Sunderland yang musim ini akhirnya terdegradasi ke Championship setelah tidak ditangani Allardyce.

Big Sam didatangkan The Eagles, julukan Palace, ketika tim tersebut berada di posisi ke-17 klasemen sementara pada Desember 2016 lalu. Palace hanya unggul satu poin di atas zona dedradasi dengan kebobolan 32 gol. Saat itu, hanya Hull dan Swansea City, tim yang memiliki rekor kebobolan paling buruk dibandingkan Palace di papan bawah.

Pada Desember 2016 itu, media Inggris, BBC, pun meramalkan Allardyce merupakan pilihan tepat bagi Palace. Prediksi itu terbukti setelah Big Sam memastikan Palace aman di kasta tertinggi sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth II ini.

“Ini usaha yang bagus dari para pemain, secara taktik kami bisa mengatasi Hull City dan mengekspos mereka ketika mereka lemah dengan menahan bola di garis pertahanan, tentu gol pertama menjadi start yang baik. Ini penampilan sempurna dari para pemain, menang 4-0, clean sheet dan hampir semua pemain ambil bagian di sini,” jelas Big Sam, seperti dikutip Independent.ie.

Tim-tim yang Diselamatkan Big Sam dari Ancaman Dedradasi

Bolton (2001/2002)

Bolton (2002/2003)

Blackburn (2008/2009)

Sunderland (2015/2016)

Crystal Palace (2016/2017)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya