SOLOPOS.COM - Manchester City vs Arsenal (Twitter)

Solopos.com, MANCHESTER — Duel guru melawan murid bakal mewarnai laga panas antara Manchester City menjamu Arsenal di Etihad, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Ya, setelah restart kompetisi, Mikel Arteta harus langsung bertemu panutannya yang tak lain adalah pelatih City, Josep “Pep” Guardiola. Bagi Arteta, Pep adalah sosok yang mengajarkan banyak strategi dan taktik saat masih bersama di The Citizens medio 2016-2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Arteta yang kala itu masih menjabat Asisten Pelatih City turut mempersembahkan dua gelar Liga Premier Inggris bersama Pep. Namun Arteta kemudian memilih pisah jalan saat memutuskan hijrah ke Arsenal, Desember 2019.

Data Terkini Covid-19 Wonogiri: Positif & ODP Bertambah, PDP Ajek 0

“Sebagai seorang manajer, saya telah belajar banyak darinya. Kami menghabiskan beberapa momen luar biasa bersama,” ujar Arteta yang mengaku telah mengagumi Pep sejak masih menimba ilmu di akademi La Masia, Barcelona, dilansir Express, Selasa (16/6/2020).

Adu taktik antara guru dan murid dalam duel Manchester City melawan Arsenal ini jelas bakal menarik untuk dinantikan. Apalagi tim asuhan Guardiola sedang amat membutuhkan tiga poin untuk memperpanjang napas dalam perburuan gelar Liga Inggris.

Kekalahan dari The Gunners memang sama saja bunuh diri bagi Kevin De Bruyne dkk. Hasil itu berpotensi membawa Liverpool menyegel gelar Liga Inggris apabila mampu membekuk Everton di Goodison Park empat hari berselang.

Tambah 1, Total 4 Warga Sukoharjo Meninggal Akibat DBD

Guardiola jelas tak mau timnya langsung menyerah dalam perburuan gelar sepekan setelah restart kompetisi. Masalahnya, Arteta tentu emoh mengalah meski menghormati Guardiola sebagai seorang guru. Arsenal juga butuh kemenangan agar bisa keluar dari zona papan tengah.

Tambahan tiga poin akan membuat Mesut Ozil dkk. membuka kembali persaingan untuk lolos ke pentas Eropa musim depan. Saat ini The Gunners masih tertahan di peringkat sembilan dengan 40 poin, selisih lima poin dari Manchester United di posisi kelima atau tiket terakhir menuju kompetisi Eropa.

Rekor Pertemuan

Sayang, upaya Arteta memberi kejutan di Etihad tampaknya bakal cukup sulit apabila melihat rekor pertemuan Guardiola dengan The Gunners. Guardiola sudah tujuh kali menjamu Arsenal di semua ajang seperti dilansir Opta. Dari jumlah pertemuan itu, tidak sekalipun tim yang diarsiteki Pep menelan kekalahan, enam di antaranya berbuah kemenangan. Tim Guardiola pun hanya sekali kebobolan.

Rapor bagus Guardiola saat menjamu Arsenal juga didukung torehan menawan City atas lawan yang sama. The Citizens selalu menang dalam enam laga terakhir melawan Arsenal di semua kompetisi.

Begini Upaya Dissos Klaten Cegah Baby Boom Saat Pandemi Covid-19

Tim tamu bakal sangat berharap tuah Arteta kembali berlanjut untuk menahan gempuran tuan rumah. Sejauh ini Arteta memberi pengaruh positif bagi The Gunners dengan torehan delapan kemenangan, lima kali imbang dan hanya dua kali kalah dalam 15 pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya