Tutup Iklan

LIGA INGGRIS : Klopp Mulai Tinggalkan 4-3-3?

 Para pemain Liverpool merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Phil Noble)

SOLOPOS.COM - Para pemain Liverpool merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Phil Noble)

Liga Inggris menyajikan kemenangan Liverpool.

Solopos.com, LONDON — Ada kesamaan antara Liverpool dan West Ham United musim ini. Pertahanan kedua tim sama-sama rapuh sebelum mereka bertemu di London Stadium, London, Minggu (5/11/2017) dini hari WIB.

Sebelum pertemuan itu, gawang Liverpool kebobolan 16 gol dalam 10 pertandingan pembuka Liga Premier Inggris. Sementara gawang West Ham kemasukan 19 gol dalam 10 laga. Namun, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, akhirnya menemukan formula baru untuk memperkuat pertahanan timnya.

Klopp  memakai formasi klasik 4-4-2 ketika bertandang ke markas West Ham. Biasanya, mantan der trainer Borussia Dortmund itu setia dengan pakem ofensif 4-3-3. Tapi, kali ini dirinya hanya menempatkan dua striker di depan, yakni Mohamed Salah dan Roberto Firmino, agar bisa menumpuk pemain lebih banyak di barisan belakang atau tengah.

Emre Can dkk. awalnya tampak membutuhkan adaptasi. Mereka belum menemukan ritme, terutama mencetak gol. Tapi ketika Salah mencetak gol pertama pada menit ke-21, keran gol Liverpool seolah tidak terkontrol. Salah mencetak brace, sedangkan Joel Matip dan Alex Oxlade-Chamberlain menyumbang masing-masing sebiji gol.

Selain serangan Liverpool tetap agresif, pertahanan tim berjuluk The Reds menjadi lebih stabil dengan format 4-4-2. Terbukti gawang gawang Liverpool hanya kebobolan satu gol dari Manuel Lanzini.

“Kami mengubah sistem, saat latihan kemarin, itu kali pertama kami memakai sistem itu [4-4-2]. Kami pakai 4-4-2, meski awalnya seperti line-up yang sangat ofensif, namun faktanya itu ide yang sangat beda,” jelas Klopp, seperti dilansir liverpoolecho.co.uk.

“Kami ingin pertahanan yang lebih kuat, lebih kompak, dan memakai ruang untuk serangan balik. Itu seperti line-up ofensif namun sebenarnya itu benar-benar line-up difensif,” sambungnya.

Sementara, kebobolan empat gol membuktikan pertahanan The Hammers, julukan Liverpool, masih mudah kemasukan. Manajer West Ham, Slaven Bilic, semakin tertekan di kursi jabatannya dan terancam menjadi pengangguran setelah timnya semakin terjerumus di papan bawah.

Pelatih berpaspor Kroasia tersebut mengaku siap menghadap owner The Hammers, David Gold dan David Sullivan, jika diperlukan. “Saya selalu menghadapi beberapa situasi, itu sudah konsekuensi. Saya kuat dan saya selalu tangguh, dan saya tidak bersembunyi dari apa pun,” urai Bilic di Dailymail.co.uk.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Tugas Melanjutkan Transformasi Bagi Dirut Baru PLN Darmawan Prasodjo

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

LDA Keraton Solo Gelar Kirab Budaya 90 Tahun Pakasa, Ini Foto-Fotonya

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.