SOLOPOS.COM - Manchester City vs Liverpool (Twitter)

Liga Inggris akan menyajikan duel Manchester City vs Liverpool.

Solopos.com, MANCHESTER — Duel ketat sarat gengsi bakal tersaji saat Manchester City meladeni Liverpool di Etihad Stadium, Sabtu (9/8/2017) malam WIB. Hasil laga big match itu diklaim bisa menjadi petunjuk awal munculnya kandidat kuat juara Liga Premier Inggris musim ini.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sejauh ini kedua tim sudah di rel yang benar dengan menghuni empat besar klasemen sementara. Poin Liverpool dan City pun identik yakni tujuh, bedanya Liverpool unggul selisih gol sehingga kini duduk di peringkat dua. The Reds, julukan Liverpool, mulai digembar-gemborkan menjadi favorit juara setelah membantai Arsenal 4-0 di pekan ketiga.

Adapun City terus berbenah secara bertahap untuk mendapat performa stabil sepanjang musim. Di dua pertandingan terakhir yakni melawan Everton dan Bournemouth, Kevin De Bruyne dkk. menunjukkan mental baja dengan sukses mengejar ketertinggalan gol. Namun ujian City kali ini tak main-main yakni Liverpool yang hobi mempermalukan tim besar Liga Premier tak pandang tempat.

Musim lalu Jordan Henderson dkk. cuma sekali kalah dari 19 pertandingan melawan enam besar klasemen yakni City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester United dan Arsenal. City sendiri hanya bisa mengamankan satu poin dari dua perjumpaan dengan The Reds musim lalu.

Saking kuatnya Liverpool jika menghadapi tim raksasa di Liga Premier, mereka bahkan bisa meraih juara musim lalu jika kompetisi hanya diikuti enam besar klasemen. Total Liverpool mengoleksi 36 poin, unggul sembilan poin dari juara Liga Premier sebenarnya, Chelsea.

Pandit Sky Sports, Tony Gale, menilai pertemuan antara City melawan Liverpool bakal menjadi petunjuk tentang bagaimana musim ini akan berjalan. Dia menyebut sejauh ini Liverpool sedikit lebih baik, tapi City bisa mengejutkan jika bermain dengan performa optimal.

“Saya melihatnya sebagai makanan pembuka yang hebat. Manchester City seperti yang kita tahu, begitu banyak harapan pada mereka musim ini,” ujar Gale seperti dilansir Express, Sabtu (8/9/2017).

Laga City versus Liverpool pun tak bisa dilepaskan dari adu strategi dua pelatih brilian yakni Josep “Pep” Guardiola dan Juergen Klopp. Rekor pertemuan kedua pelatih sejauh ini cukup berimbang yakni Klopp meraih lima kemenangan dari 10 perjumpaan. Empat pertemuan lain dimenangkan Pep.

Namun jika menyoroti rekor Klopp saat melawan City, Liverpool bisa di atas angin karena manajer asal Jerman itu sukses tiga kali menaklukkan City dan sekali imbang dalam empat pertandingan. Manajer asal Jerman itu bahkan pernah mempermalukan City 4-1 di Etihad, November 2015.

Namun ada sedikit prahara yang terbaca jelang laga melawan City. Philippe Coutinho secara mengejutkan tidak disertakan Klopp saat melawat ke Manchester. Klopp beralasan sang pemain tidak cukup fit untuk bermain penuh.

Padahal sebelumnya Klopp menyebut pemain yang tengah diincar Barcelona itu siap diturunkan. Coutinho sudah fit dari cedera dan ikut menyumbang satu gol saat Timnas Brazil meladeni Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2018 beberapa hari lalu.

“Saya memutuskan meninggalkannya. Kami perlu memberinya istirahat melihat jadwal kami yang cukup berat. Dia setuju, dia tidak mau hanya bermain 15 menit,” kilah Klopp seperti dilansir The Guardian.

Di sisi lain, tuan rumah mendapat suntikan berharga dengan kembalinya Kyle Walker dari sanksi larangan bermain. Kehadiran eks bek Tottenham ini diharapkan bisa membendung eksplosivitas Sadio Mane di sisi kiri penyerangan Liverpool.

Adapun Benjamin Mendy siap mengatasi pergerakan Mohamed Salah di sektor kanan penyerangan The Reds. Bek yang direkrut dari AS Monaco senilai lebih dari 50 juta poundsterling ini mengaku antusias menjalani laga kandang perdananya bersama City.

“Liverpool di kandang, ini merupakan pertandingan besar. Saya sudah tak sabar ingin bermain,” ujarnya seperti dilansir mancity.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya