SOLOPOS.COM - Liverpool vs Manchester City (Liverpoolfc.com)

Liga Inggris akan menyajikan duel Manchester City vs Liverpool.

Solopos.com, MANCHESTER — Tak ada yang meragukan daya ledak deretan penyerang Liverpool maupun Manchester City. Dua tim yang akan bertarung di Etihad Stadium, Sabtu (9/8/2017) malam WIB, ini punya juru gedor yang bisa membuat lawan panas dingin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Khusus Liverpool, para strikernya bahkan sudah mengemas delapan gol dari tiga pertandingan awal Liga Premier. Jika dikalkulasi, lini serang The Reds memborong 100% gol tim di kompetisi domestik hingga saat ini.

Namun moncernya para bomber Liverpool seperti berbanding terbalik dengan kualitas lini belakang mereka. Di laga perdana melawan Watford, pertahanan yang dikomando Dejan Lovren amat terekspoitasi sehingga Liverpool harus puas berbagi hasil imbang 3-3.

City sebenarnya tak lebih baik. Tim asuhan Josep “Pep” Guardiola ini sudah kebobolan dua gol dari tiga pertandingan. Robeknya gawang Ederson bahkan hampir dua kali menyebabkan kekalahan jika City tak bereaksi dengan membalikkan keadaan.

Melawan Liverpool yang memiliki trio mematikan Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane, pertahanan City bisa kembali tereksploitasi. Apalagi Manchester Biru baru saja mendapat kabar buruk dengan cederanya Vincent Kompany. Bek 31 tahun itu terkapar seusai membela Belgia melawan Gibraltar dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 beberapa hari lalu.

Pandit Sky Sports, Paul Merson, mengatakan performa lini belakang bisa menjadi pembeda dalam menentukan pemenang antara Liverpool dan City akhir pekan ini. Merson menyebut kedua tim sama-sama lemah di zona pertahanan meski belum terkalahkan di tiga pertandingan awal Liga Premier musim ini.

“Saya tak bisa melihat hal lain dalam permainan ini kecuali adanya gol. Kedua tim brilian saat menyerang tapi tak hebat dalam bertahan,” ujar eks gelandang Arsenal itu, dilansir Sky Sports, Jumat (8/9).

Meski demikian Merson menilai pertahanan City sedikit lebih baik. Sebaliknya, lini belakang Liverpool masih mengkhawatirkan jika mereka bermain ceroboh seperti saat melawan Watford. Apalagi City punya “Liverpool Slayer” dalam diri Sergio Aguero. Sang striker selalu mencetak gol di lima laga terakhir kontra Liverpool di Etihad.

“Satu-satunya kerisauan saya mengenai tim Juergen Klopp adalah secara defensif. Apa mereka terlihat cukup bagus untuk menjuarai Liga Premier dengan pertahanan seperti itu?” tukas eks Pelatih Timnas Inggris, Sam Allardyce, dilansir Talk Sport.

Namun pertahanan The Reds sejatinya bisa menepuk dada saat melawan City. Dari tiga pertemuan terakhir, David Silva dkk. hanya mampu sekali menjebol gawang Liverpool. Musim ini City juga dikenal sebagai tim yang hobi membuang peluang.

Sky Sports mencatat City sejauh ini mengoleksi rata-rata penguasaan bola 71,6% dengan total 105 sentuhan di kotak penalti lawan. Namun baru lima gol yang diciptakan. Mereka juga melewatkan enam peluang bersih untuk mencetak gol dari tiga pekan yang sudah berjalan, jumlah peluang terbuang paling banyak di liga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya