SOLOPOS.COM - Maarten Stekelenburg (Reuters / Jason Cairnduff)

Liga Inggris diwarnai dengan Maarten Stekelenburg menepis dua kali tendangan penalti Manchester City.

Solopos.com, MANCHESTER — Bek Everton Phil Jagielka bisa saja menjadi pesakitan jika tak ada Maarten Stekelenburg. Bagaimana tidak, Jagielka dua kali membuat gawang Everton terancam karena melanggar pemain Manchester City di kotak penalti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untungnya, dua kali pula Stekelenburg mampu menepis tendangan penalti para algojo tuan rumah. Aksi heroik tersebut menghindarkan Everton dari kekalahan di Stadion Etihad, Sabtu (15/10/2016). Pertandingan pun berakhir imbang 1-1.

Ekspedisi Mudik 2024

Ini menjadi kali kedelapan di Liga Premier seorang kiper mampu mematahkan dua penalti di sebuah laga. Penyelamatan brilian mantan kiper AS Roma itu diawali pada menit ke-43 saat menggagalkan penalti Kevin de Bruyne. Sepakan De Bruyne ke sisi kiri gawang sukses ditepis Stekelenburg. Sebelumnya wasit menunjuk titik putih setelah Jagielka menjatuhkan David Silva.

Kiper asal Belanda itu lagi-lagi mementahkan eksekusi pemain City pada menit ke-70. Sergio Aguero yang mengambil sendiri penalti setelah dilanggar Jagielka juga tak mampu menaklukkan Stekelenburg. Sayangnya gawang mantan kiper Ajax Amsterdam ini kebobolan dua menit berselang melalui tandukan Nolito.

The Citizens, julukan City, memang menyerang dengan spartan seusai Romelu Lukaku membawa keunggulan bagi tim tamu di menit ke-64. Stekelenburg bersyukur dapat menggagalkan dua penalti yang membawa timnya mencuri satu poin. Dengan nada bercanda, kiper berusia 34 tahun ini pun berencana meminta traktir makan malam dari Jagielka.

“Ini bukan hanya soal berhasil menebak arah tendangan penalti. Namun apakah Jagielka akan mentraktir saya makan malam? Saya akan menanyakannya,” kata dia seperti dilansir BBC.

Sebelum Stekelenburg, kiper Watford asal Brasil, Heurelho Gomes, pernah menggagalkan dua penalti sekaligus dalam satu laga pada 16 April 2016. Kala itu, Gomes menepis dua penalti striker West Bromwich Albion, Saido Berahino. Enam tahun sebelumnya saat masih membela Tottenham Hotspur, Gomes juga pernah meraih pencapaian serupa dengan mementahkan dua tendangan penalti striker Sunderland, Darren Bent. Keberhasilan itu membuatnya tercatat sebagai kiper pertama di Liga Premier yang bisa menepis dua penalti dalam dua laga berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya