SOLOPOS.COM - Trofi Liga Premier Inggris (Reuters / John Sibley)

Liga Inggris 2016/2017 segera bergulir.

Solopos.com, SOLO – Liga Inggris 2016/2017 segera bergulir. Beberapa kejadian menarik terjadi jelang bergulirnya liga yang disebut-sebut yang terbaik di dunia itu. Mulai dari ramainya bursa transfer hingga pertarungan para manajer.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

PERANG MANAJER

Liga Premier musim ini akan menjadi perang para manajer yang pernah memenangi trofi liga domestik di liga-liga top Eropa. Berkumpulnya para manajer top itu pun bakal memanaskan tensi persaingan gelar Liga Premier Inggris 2016/2017.

Josep Guardiola (Manchester City): Trofi (3 Liga Primera, 3 Bundesliga)

Jose Mourinho (Manchester United): Trofi (2 Liga Primeira Portugal, 3 Liga Premier, 2 Seri-A, 1 Liga Primera)

Arsene Wenger (Arsenal): Trofi (1 Ligue 1, 3 Liga Premier)

Antonio Conte (Chelsea): Trofi (3 Seri-A)

Jurgen Klopp (Liverpool): Trofi (2 Bundesliga)

Claudio Ranieri (Leicester City): Trofi (1 Liga Premier)

PERPISAHAN ARSENE WENGER?

Sudah 20 tahun lamanya Arsene Wenger berkiprah sebagai manajer di Liga Premier.  Pria berusia 66 tahun tersebut tidak pernah pindah klub, dan setia bersama Arsenal. Meski telah menyumbang tiga trofi Liga Premier, Wenger tidak mampu memberikan trofi serupa bagi The Gunners sejak 2004. Musim ini pun diyakini akan menjadi musim perpishan Wenger apabila pria asal Prancis itu kembali gagal mengakhiri paceklik gelar timnya.

EFEK POGBA

Jika dalam beberapa tahun sebelumnya selalu di Liga Primera Spanyol, pemain termahal dunia akan bermain di Liga Premier musim depan. Dia adalah Paul Pogba yang digaet Manchester United dari Juventus dengan banderol 89 juta poundsterling (Rp1,5 triliun), memecahkan rekor transfer Gareth Bale yang dibeli Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada 2013.

COMEBACK MOYES

David Moyes menjadi sasaran bully ketika menakhodai Manchester United menggantikan Sir Alex Ferguson pada 2013/2014. Setelah dua tahun dipecat dari kursi pelatih United, mantan pelatih Everton itu kembali turun di Liga Premier dengan menukangi Sunderland.

RUMAH BARU

Ada yang menggunakan rumah baru pada Liga Premier musim ini. West Ham United menjadikan Olympic Stadium sebagai rumah baru mereka, pindahan dari Upton Park. Sementara Liverpool juga memperluas tempat duduk mereka di Stadion Anfield.

LOGO BARU

Tidak ada lagi embel-embel sponsor pada nama dan logo Liga Premier musim ini.  Logo Liga Premier pun terlihat lebih simpel, dengan kepala singa dengan mahkota.

BOLA ORDEM 4

Liga Premier musim ini akan memakai bola dengan warna mencolok bernama Ordem 4, keluaran Nike. Bola ini memiliki 12 panel geometris dengan dibalut print 3D dengan kombinasi warna biru, hijau, dan ungu.

PERUBAHAN ATURAN

Perubahan 95 aturan diumumkan pada Mei lalu. Salah satunya tidak akan ada hukuman ganda untuk pelanggaran di kotak penalti. Jika sebelumnya hukuman pelanggaran bisa berupa sanksi penalti dan pemberian kartu merah langsung, maka musim ini akan diberi kartu kuning saja dan penalti.



SATU PENENDANG KICK-OFF

Seperti yang terlihat di Euro 2016, hanya akan ada seorang penendang bola saat peluit kick-off dibunyikan wasit. Sebelumnya, selalu ada dua orang yang berada di depan bola kick-off.

LAGA JUMAT MALAM

Inilah kali pertama ada pertandingan Liga Premier yang dimainkan Jumat malam waktu setempat. Laga JUmat malam itu akan diawali saat Manchester United melawan Southampton pada Jumat (19/8/2016).

DISEMPRIT SAAT PEMANASAN

Wasit akan melakulan inspeksi saat pemanasan atau ketika pertandingan belum dimulai. Jadi, jika ada yang berbuat ulah saat pemanasan itu, maka wasit bisa memberi hukuman dan membuat seorang pemain bisa dicoret dari line-up.

MUSIK PERAYAAN GOL

Salah satu tim Liga Premier, Burnley, memasang lagu selebrasi setiap bola melewati gawang di Turf Moor. Ini menjadi inovasi dalam pertandingan modern. Apakah akan ditiru tim lain?

PEMAIN PEROLEH PERAWATAN DI LAPANGAN

Insiden Jose Mourinho dengan dokter Eva Carneiro musim lalu sepertinya tidak akan terulang. Seorang pemain berhak mendapat perawatan medis tanpa harus meninggalkan lapangan di musim ini.

LIVE RCTI

MNC Group menjadi pemegang hak siar untuk siaran langsung Liga Premier musim ini. Statisun nasional, RCTI, yang menjadi bagian dari MNC Group akan menyiarkan Liga Premier dalam tiga musim 2016/2017, 2017/2018, 2018/2019. Belum diketahui apakah stasiun televisi dari MNC Media lainnya yakni MNC TV, iNewsTV, dan GlobalTV, juga akan ikut menyiarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya