SOLOPOS.COM - Pogba dari Juventus duel dengan Gael Danic (kiri) dan Gonalons dari Lyon. JIBI/Rtr/Giorgio Perottino

Solopos.com, TURIN — Juventus memastikan diri ke semifinal Liga Europa setelah menang agregat 3-1 atas Olympique Lyon. Benfica juga lolos setelah menyingkirkan AZ Alkmaar dengan Agregat 3-0.

Menjamu Lyon di Juventus Stadium, Jumat (11/4/2014) dinihari WIB, Juve unggul cepat lewat gol tendangan bebas Andrea Pirlo, yang kemudian disamakan oleh Jimmy Briand. Bianconeri akhirnya memastikan kemenangan dengan skor 2-1 lewat Claudio Marchisio dan lolos berbekal agregat 3-1.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sementara itu di laga lainnya, Benfica yang menjamu AZ di Estadio da Luz menang 2-0 lewat sepasang gol Rodrigo Moreno. Hasil ini membuat Benfica melaju ke semifinal dengan agregat 3-0.

Undian untuk babak semifinal akan digelar Jumat, (11/4/2014) hari ini, di mana leg pertama akan berlangsung pada 24 April dan 1 Mei mendatang dalam waktu setempat.

Seperti dilansir detiksport, baru tiga menit laga berjalan, Carlos Tevez melakukan gerakan memotong dari sisi kiri dan megakhirinya dengan sepakan. Tapi bola hanya melayang tipis di atas mistar gawang.

Semenit kemudian, Juve membuka skor. Tendangan bebas Andrea Pirlo tak jauh di depan kotak penalti meluncur ke pojok kiri gawang. Tendangan bebas diberikan menyusul pelanggaran Corentin Tolisso terhadap Tevez.

Unggul, tuan rumah terus menekan dan mencatatkan sejumlah upaya, di antaranya lewat Kwadwo Asamoah dan Tevez. Tapi keduanya diblok barisan pertahanan Lyon.

Juve justru mendapatkan kejutan di menit ke-18, di tengah dominasi mereka. Arnold Mvuemba melepaskan umpan lambung ke jantung pertahanan Juve dan ditanduk Briand ke pojok kanan gawang tanpa mampu ditepis sempurna oleh Gianluigi Buffon. Skor kembali sama kuat 1-1.

Gol tersebut seperti menjadi momentum untuk Lyon, mereka kembali memberikan ancaman nyata untuk Juve. Pada menit ke-29, tembakan keras Maxime Gonalons memaksa Buffon beraksi. Gawang Juve sukses diamankan kiper 36 tahun ini. Skor bertahan hingga turun minum.

Juve mendapatkan kesempatan kembali unggul di menit ke-53. Asamoah melakukan aksi individu di sisi kiri dan berhasil melewati Tolisso sebelum akhirnya melepas umpan silang mendatar.

Mengantisipasi umpan tersebut, kiper Anthony Lopes meluncur dan sukses menyentuh bola sehingga jalur bola berubah. Tevez yang bersiap menyambut bola pun mati langkah.

Semenit kemudian, Asamoah lagi-lagi beraksi dan melakukan tendangan keras dari jarak jauh. Tapi tendangannya ini masih mampu dinetralkan Lopes.

Sebuah ancaman datang dari Lyon lewat bola mati di menit ke-67. Eksekusi tendangan bebas Mvuemba mengarah ke pojok kiri atas gawang. Tanpa ambil resiko Buffon menepisnya keluar.

Ancaman ini lantas direspons Juve dan berbuah gol. Marchisio melakukan percobaan dari luar kotan penalti dan sial untuk Samuel Umtiti, bola membenturnya sehingga berbelok arah. Lopes yang terlanjur bergerak ke kiri pun terkecoh karena bola mengarah ke sisi kanan.

Sebuah upaya dari Bafetimbi Gomis di menit ke-77 membahayakan gawang Juve. Namun Buffon sigap mengamankan bola.

Sebastian Giovinco sempat mendapatkan peluang di penghujung laga, tapi tembakannya dari dalam kotak melenceng ke kiri. Laga pun usai tanpa tambahan gol. (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya