Pemain Arsenal, Alexandre Lacazette, Matteo Guendouzi, dan Pierre-Emerick Aubameyang saat latihan di St Albans, London, Rabu (20/2/2019) (Reuters/John Sibley)

Solopos.com, LONDON—Arsenal optimistis mampu membalikkan kekalahan 0-1 pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa di markas BATE untuk bertahan di turnamen kasta kedua di Eropa ini.

Kekalahan di kandang BATE memaksa tim berjuluk The Gunners tersebut harus menang dengan selisih dua gol jika ingin lolos ke perempat final saat bergantian menjamu tim Belarusia pada leg kedua di Emirates Stadium, London, Jumat (22/2/2019) pukul 00.55 WIB. Jika menengok hasil pertemuan kedua tim di Emirates, Arsenal memang pantas percaya diri.

Pada Desember 2017, Arsenal tanpa ampun membantai BATE setengah lusin gol tanpa balas pada fase grup Liga Europa musim lalu. Hanya, Arsenal tidak boleh jemawa dengan hanya menengok hasil pertemuan terakhir di Emirates.

Sebab, musim ini BATE menunjukkan tim yang cukup berbahaya di kandang lawan. Tim asal Belarusia ini meraih kemenangan sebanyak empat kali dalam enam laga away mereka di Eropa musim ini. Di antaranya menang 2-0 di kandang Vido dan 3-1 di markas PAOK.

Arsenal tidak akan diperkuat bomber Alexander Alacazette yang terkena sanksi setelah dikartu merah pada leg pertama. Beruntung, beberapa pemain The Gunners yang sakit dan cedera mulai pulih dan diperkirakan bisa comeback ketika menjamu BATE di Emirates. Di antaranya Aaron Ramsey, Mesut Ozil, dan Sokratis Papastathopoulos.

Cuma, Pelatih Arsenal, Unai Emery, sepertinya tidak akan begitu saja menurunkan Ozil sebagai starter pada duel krusial ini. Emery diketahui jarang memberi kesempatan playmaker berdarah Jerman-Turki itu bermain sejak menit awal di Liga Premier musim ini. Ozil tercatat hanya dimainkan 13 laga sebagai starter sepanjang musim ini. Kali terakhir Ozil bermain sebagai starter yakni saat Boxing Day lalu. Sejak itu, dia hanya mencatat dua laga dari bangku cadangan di semua kompetisi pada 2019.

Masa depan Ozil di Arsenal semakin diragukan. Arsenal disebut-sebut siap menedangnya akhir musim ini. Apalagi, performa Ozil dinilai mengalami penurunan. Kondisi Ozil tersebut masih mencuri perhatian mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger.

Wenger mengganggap Ozil merasa berada di zona nyaman setelah kontraknya di Arsenal di perpanjang. Hal itu justru memengaruhi performanya. Seperti diketahui, sekitar setahun lalu, Ozil dispekulasikan  enggan meneken kontrak baru dengan Arsenal bersama Alexis Sanchez. Sanchez akhirnya benar-benar hengkang ke Manchester United. Tapi Ozil masih bertahan di Emirates setelah membubukan perpanjangan kontrak hingga 2021 pada Januari lalu.

"Ketika seorang pemain memperpanjang kontrak lima tahun, itu berarti kita mendapat seorang pemain yang bagus selama lima tahun. Tidak perlu berlatih karena mereka bermain dalam performa terbaik. Mungkin karena itu mereka merasa dalam zona nyaman," ujar Wenger, seperti dilansir mirror.co.uk, Rabu (20/2/2019).

 

Perkiraan Starting XI

Arsenal (4-3-3) Pelatih: Unai Emery (Spanyol)

Cech; Maitland-Niles, Mustafi, Koscielny, Kolasinac; Guendouzi, Xhaka, Suarez; Mkhitaryan, Aubameyang, Iwobi

 BATE (4-3-3) Pelatih: Alexey Baga (Belarusia)

Scherbitski; Rios, Volkov, Filipenko, Filipovic; Baga, Dragun, Hleb; Milic, Skavysh, Stasevich


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten