Liga Champions: Petualangan Madrid Tanpa Ronaldo dan Zidane Dimulai!
Real Madrid (Reuters-Javier Barbancho)

Solopos.com, MADRID - Senin (17/9/2018), Real Madrid melakoni rutinitas musiman yakni foto bersama seluruh skuat di markas latihan mereka di Valdebebas, Madrid. Seperti musim-musim sebelumnya, Presiden Madrid, Florentino Perez, duduk di tengah dalam barisan paling depan dengan diapit kapten utama Madrid, Sergio Ramos dan kapten kedua Madrid, Marcelo.

Namun, ada pemandangan berbeda di baris kedua dalam sesi foto bersama tersebut jika dibandingkan beberapa musim lalu. Tak ada lagi sosok pelatih berkepala plontos, Zinedine Zidane, di belakang Perez. Kali ini Julen Lopetegui yang berdiri di belakang orang nomor saru di El Real tersebut.

Sementara di sisi kanan pelatih tak ada lagi megabintang dan peraih lima Ballon d’Or, Cristiano Ronaldo. Gelandang El Real, Luka Modric, kini mengisi posisi yang sebelumnya ditempati Ronaldo dalam sesi foto musiman tim Ibu Kota Spanyol ini.

Madrid tidak lagi diperkuat Ronaldo dan Zidane. Ronaldo memilih tantangan baru dengan berlabuh ke Juventus. Sedangkan Zizou, sapaan Zidane, mundur karena ingin rehat dari pekerjaan sebagai pelatih klub.

Tak dimungkiri, Ronaldo berperan besar dalam kesuksesan El Real meraih empat trofi Liga Champions dalam lima musim terakhir. Pemain yang dijuluki CR7 itu menyokong 22 gol dari 45 gol milik Madrid di babak perempat final, semifinal, dan final Liga Champions dalam lima musim terbaru. Statistik itu cukup membuktikan peran besar Ronaldo dalam babak-babak krusial Madrid dalam meraih Si Kuping Lebar, julukan trofi Liga Champions.

Kecerdasan dan ketenangan Zidane meramu strategi tak kalah penting membantu Madrid menancapkan hegemoni di kompetisi paling elite di Eropa ini. Bersama pelatih yang akrab disapa Zizou itu, El Real menjadi tim pertama yang mampu meraih hattrick juara Liga Champions di era modern. Lantas, apakah Madrid masih mampu menjaga dominasi mereka di Liga Champions tanpa Ronaldo dan Zizou?

Sesi foto bersama di Valdebebas digelar hanya dua hari sebelum Madrid mengawali kampanye mereka mempertahankan gelar Liga Champions. Sergio Ramos cs. akan menjamu semifinalis musim lalu, AS Roma, pada laga pembuka Grup G di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (20/9/2018) pukul 02.00 WIB.

Start sempurna Madrid di Liga Primera 2018/2019 terhenti setelah bermain imbang 1-1 di markas Athletic Bilbao, pada jornada kelima, akhir pekan lalu. Namun, nada optimistis tetap digaungkan para penggawa El Real menjelang duel pembuka di Liga Champions musim ini.

“Kami bermain menjadi sebuah tim dibandingkan bergantung pada seorang pemain. Kami bisa lebih baik lagi. Start baru dan tangan baru. Kami siap untuk itu,” ujar penggawa Madrid, Gareth Bale, seperti dilansir marca.com, Selasa (18/9/2018).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom