SOLOPOS.COM - Andre Gomes, Neymar, Messi, dan Suarez, merayakan gol saat menghajar Celtic 7-0 di Camp Nou, Rabu (14/9/2016) WIB. (Istimewa/@barcelona)

Penyisihan Grup C Liga Champions sudah diwarnai pesta gol Barcelona saat menggulung Celtic 7-0.

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona membuka fase penyisihan Grup C Liga Champions dengan mulus. Menghadapi juara Skotlandia, Glasgow Celtic, Lionel Messi dkk terlalu tangguh dan mampu menggelontorkan tujuh gol tanpa balas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tanda-tanda hancurnya Celtic di Camp Nou sudah terlihat sejak awal pertandingan. Mendapat jatah bola pertama saat kick off, penguasaan bola Celtic hanya berlangsung kurang dari satu menit. Menit ke-3, Messi mengirim umpan terobosan melalui barisan pertahanan Celtic, namun mampu dipotong Cristian Gamboa yang berujung sepak pojok.

Neymar mengambil sepak pojok pendek yang diarahkan ke Messi dan gol. Skor berubah 1-0 di menit ke-3.

Barcelona terus menekan dan memaksa pemain Celtic melakukan clearance di daerah pertahanan. Messi dkk terus mengurung pertahanan Celtic hingga ball possession mencapai 65% berbanding 35%. Meski demikian, Celtic masih memberikan ancaman lewat Kieran Tierney dan Cristian Gamboa. Namun Moussa Dembele yang jadi ujung tombak nyaris tak pernah mendapatkan bola.

Meski menguasai bola 70%, Barcelona sempat lengah. Berawal dari crossing Neymar di menit 23, bola berhasil dikuasai De Vries yang mengirim umpan ke Scott Sinclair. Gelandang Celtic itu langsung mengirim umpan ke arah Dembele yang bebas dari pengawalan. Kiper Barcelona, Marc Andre ter Stegen yang mati langkah terpaksa melanggar Dembele yang berbuah hadiah penalti untuk Celtic.

Ter Stegen dihadiahi kartu kuning dari wasit. Namun, dia membayar kesalahan itu dengan menggagalkan eksekusi penalti oleh Dembele.

Celtic mulai sedikit lepas dari tekanan dan mampu melepaskan tembakan pertama lewat tendangan Scott Brown meski meleset dari gawang. Beberapa kali Barcelona menekan, termasuk permainan 1-2 Messi Neymar yang berujung gol kedua Messi di menit 27. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, pertahanan Celtic benar-benar terbuka. Pelanggaran Nir Bitton terhadap Messi berujung tendangan bebas. Neymar yang jadi eksekutor berhasil mencetak gol di menit 50 dan mengubah skor jadi 3-0.

Menit 59, Erik Sviatchenko menghalau bola dari serangan Iniesta. Lemparan ke dalam diambil Neymar dan disambut Iniesta dengan tendangan voli yang menghunjam ke gawang Celtic. Skor 4-0. Hanya berselang satu menit, permaian satu-dua Messi dan Suarez berujung gol ketiga Messi. Skor 5-0.

Neymar kembali menjadi kreator gol saat mengirim umpan crossing ke arah Suarez di menit 75. Dengan tendangan volinya, striker Uruguay itu mencetak gol dan menambah keunggulan Barca menjadi 6-0.

Menit 88, Suarez kembali mencetak gol. Berawal dari tendangan bebas pendek dari Neymar, Iniesta mengirim umpan terobosan yang diteruskan dengan sentuhan Messi. Suarez yang bebas menyambut bola dan gol. Skor 7-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain

Barcelona (4-3-3)
Marc-Andre ter Stegen
Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba
Ivan Rakitic (Iniesta, 46′), Sergio Busquets (Rafinha, 61′), Andre Gomes
Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar

Celtic (4-1-4-1)
Kieran Tierney, Erik Sviatchenko (Eoghan O’Connell, 68′), Kolo Toure, Mikael Lustig
Nir Bitton (Callum McGregor, 76′)
Scott Sinclair, Scott Brown, Cristian Gamboa, Patrick Roberts (Stuart Armstrong, 68′)
Moussa Dembele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya