SOLOPOS.COM - Para pemain Real Madrid tertunduk lesu saat menderita kekalahan. Ist/onfootball.co.uk

Solopos.com, MADRID— Tepat 115 hari sejak mengangkat la decima alias gelar ke-10 Liga Champions di Lisbon, Real Madrid akan memulai kampanye mempertahankan mahkota di liga paling elite Benua Biru ketika menjamu Basel di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (17/9/2014) pukul 01.45 WIB.

Madrid akan berusaha menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan titel dalam sejarah penyelenggaraan Liga Champions yang dimulai pada 1992. Seharusnya, bentrok melawan Basel merupakan start yang mudah bagi tim raksasa Spanyol tersebut. Pasalnya, kekuatan amunisi dan koleksi trofi Madrid jauh di atas wakil Swiss tersebut.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Sejarah pertemuan kedua tim juga berpihak kepada Los Blancos, julukan Madrid. Pada putaran pertama Piala UEFA 1971/1972, Madrid menang dengan agregat 4-2 atas Basel.

Madrid juga mencatat rekor 100 persen kontra tim-tim asal Swiss, dengan  memproduksi 42 gol dan hanya kebobolan dua gol dalam 10 kali pertemuan.

Madrid pun memiliki rekor istimewa pada laga kandang di kompetisi Eropa. Los Blancos tak pernah kalah dalam setiap laga kandang perdananya pada kompetisi level Benua Biru, dengan menang 42 kali dan imbang dua kali. Musim lalu, Sergio Ramos cs. memenangi semua laga di Bernabeu dengan enam kali kemenangan.

Namun, kondisi Santiago Bernabeu bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi, penggawa Madrid akan mendapatkan dukungan luar biasa dari suporternya, tapi di sisi lain Iker Casillas dkk. akan mengalami tekanan hebat dari pendukungnya setiap turun di markas kebesarannya tersebut.
Hal itu terlihat ketika sejumlah fans Madrid bersiul dan mencemooh para penggawa Los Blancos saat mereka dikalahkan Atletico Madrid 1-2 pada Derbi Madrileno di Bernabeu, Mingu (14/9) dini hari WIB.

Siulan itu sepertinya menjadi puncak reaksi kekesalahan suporter Madrid melihat timnya mencatat start buruk di liga domestik musim ini. El Real hanya mengoleksi tiga poin dalam tiga laga perdannya di Liga Primera 2014/2015. Sebelum dipecundangi Atletico, mereka telah lebih dahulu dibantai Real Sociedad 2-4.

“Kami harus tetap menjaga kinerja kami dan berharap dukungan dari fans, karena kami membutuhkan mereka sekarang dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kami harus lebih kuat dan kami harus berjuang bersama-sama untuk meraih segalanya,” tutur bek Madrid, Pepe, seperti dilansir realmadrid.com, Senin (15/9).

Dengan kekalahan back to back di liga domestik, El Real membutuhkan pelampiasan ketika meladeni Basel. Ancelotti berharap kepada Cristiano Ronaldo untuk menjebol gawang tim Swiss. Mega bintang Los Blancos itu melesakkan gol dari titik putih saat Derbi Madrileno kendati baru sembuh dari cedera lutut.

Namun persoalan cedera belum benar-benar usai menghantui Los Blancos. Gelandang Sami Khedira masih belum pulih dari cedera hamstring, sementara bek Dani Carvajal dan striker Jese Rodriguez diragukan ke lapangan karena masing-masing mengalami masalah pada betis dan lututnya.

“Saya cukup berpengalaman soal ini. Saya akan mencari keseimbangan dalam kualitas para pemain. Ini akan berbeda,” jelas manajer Madrid, Carlo Ancelotti, yang mengoleksi enam gelar Liga Champions, baik sebagai pelatih dan pemain, seperti dilansir Reuters.

Sebaliknya, Basel menorehkan start mulus pada kampanyenya di liga domestik. Tim yang dibesut mantan gelandang Juventus dan Borussia Dortmund, Paulo Sousa, tersebut mencetak enam kemenangan dalam delapan laga pembukanya di Liga Super Swiss. Namun, laga terakhir mereka sebelum melawan Madrid berujung tragis dengan kekalahan 1-3 di kandang Grasshopper, Sabtu (13/9).

Sousa diprediksi bakal menurunkan Walter Samuel sejak menit awal. Bek veteran asal Argentina itu pernah menghabiskan satu musim bersama El Real, mencetak dua gol dalam 40 laga di berbagai kompetisi namun tidak mengangkat satu gelar pun pada 2004/2005. Sayang, Sousa tidak akan memakai servis Marcelo Diaz karena hukuman larangan bertanding setelah diganjar kartu merah pada ajang Liga Europa musim lalu. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

 Real Madrid Vs Basel
• Live SCTV, Rabu (17/9) Pukul 01.45 WIB
• Lokasi : Santiago Bernabeu (Madrid)
• Wasit : Damir Skomina (Slovenia)

Real Madrid (4-2-3-1)
• Pelatih : Carlo Ancelotti
• Pemain : Navas, Arbeloa, Pepe, Ramos, Marcelo, Kroos, Modric, Bale, Rodriguez, Ronaldo, Benzema
• Cadangan : Isco, Varane, Casillas, Coentrao, Hernandez, Nacho, Illarramendi

Basel (4-5-1)
• Pelatih : Paulo Sousa
• Pemain: Vaclik, Safari, Samuel, Schar, Suchy; Xhaka, Frei, Calla, El Nenny, Kakitani, Streller
• Cadangan : Delgado, Gashi, Zuffi, Frei, Sio, Diaz, Vailati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya