SOLOPOS.COM - Para pemain Ajax Amsterdam merayakan gol. (JIBI/Reuters/Michael Kooren)

Solopos.com, AMSTERDAM — Liga Belanda atau yang dikenal dengan Eredivisie resmi dibatalkan pada musim kompetisi 2019/2020 akibat pandemi global virus corona (Covid-19).

Ajax Amsterdam yang berada di puncak klasemen hingga pekan ke-25 dipastikan tak bisa mengklaim gelar juara kompetisi musim ini. Pembatalan kompetisi juga berimbas pada promosi dan degradasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Patungan Hingga Terkumpul Ratusan Juta Rupiah, Anggota DPRD Wonogiri Bantu Gugus Tugas Covid-19

Dilansir Skysports, Jumat (24/4/2020) malam, terdapat beberapa ketentuan setelah Liga belanda dibatalkan. Yakni musim ini tidak ada klub yang terdegradasi dan meraih tiket promosi berdasarkan kesepakatan semua klub dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dalam rapat melalui telekonferensi.

Ajax memuncaki klasemen Eredivisie dengan tersisa sembilan laga lagi. Ajax hanya unggul selisih gol dari AZ Alkmaar ketika liga dihentikan sementara waktu.

Viral Video Pria Bermasker Ceramahi Warga di Jalan, Ternyata Ini Sosoknya

Meski punya peluang besar mempertahankan gelar juara, Ajax mengaku legawa dan menerima keputusan pembatalan kompetisi. CEO Ajax, Edwin van der Sar, mengatakan hal yang wajar apabila pemain dan klub menginginkan sebuah trofi juara.

“Sebagai pemain, Anda tentu ingin menjadi juara dan ingin membuktikannya di lapangan. Kami telah berada di peringkat pertama sepanjang musim dan sangat disayangkan tidak dinyatakan sebagai juara. Namun, dalam situasi sekarang keputusan ini bisa dipahami. Ada masalah yang jauh lebih penting daripada sepak bola,” ujarnya.

Liga Champions

Meski demikian, Ajax tetap berhak tampil di Liga Champions musim depan sementara AZ harus menjalani babak kualifikasi kedua. Peringkat tiga Feyenoord langsung masuk ke babak grup Liga Europa, sementara PSV dan Willem II harus menjalani babak kualifikasi kedua Liga Europa.

Bukan Patroli, Ini Strategi Jekek Jaga Kamtibmas Wonogiri

Di sisi lain, AZ mengindikasikan ketidakpuasan atas keputusan KNVB, terutama terkait jatah Eropa yang diberikan untuk klub. “Kami telah mencoba selama beberapa pekan untuk mengelaborasi berbagai skenario untuk mencegah situasi yang kami hadapi saat ini,” demikian pernyataan resmi klub dilansir az.nl.

Liga Belanda menjadi liga pertama di Eropa yang dibatalkan pada kompetisi musim 2019/2020. Liga lain belum menentukan sikap. Namun Liga Primera dan Bundesliga mengindikasikan untuk melanjutkan kompetisi musim 2019/2020. Bundesliga mengirim sinyal bakal kembali bergulir pada 9 Mei 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya